Dirjen PAS Tanggung Seluruh Kebutuhan Pemakaman Korban Kebakaran Lapas Tangerang

- Jumat, 10 September 2021 | 18:45 WIB
Petugas membawa peti berisi jenazah korban kebakaran lapas kelas 1 Tangerang untuk diserahkan kepada keluarga di RS Polri, Kramat Jati, di Jakarta, Jumat (10/9/2021). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta).
Petugas membawa peti berisi jenazah korban kebakaran lapas kelas 1 Tangerang untuk diserahkan kepada keluarga di RS Polri, Kramat Jati, di Jakarta, Jumat (10/9/2021). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta).

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) menyebut pihaknya bakal menanggung seluruh kebutuhan pemakaman korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang. Yang ditanggung meliputi proses pengiriman jenazah hingga selesai prosesi pemakaman.

"Untuk semua pemakaman kita tanggung jawab. Seperti kemarin tiga, satu dibawa ke Cianjur, satu dibawa ke Koja Jakarta Utara, satu dibawa ke Tangerang. Semua kita fasilitasi dari pemakaman, biaya semua kita tanggung jawab sama santunan," kata Direktur Keamanan dan Ketertiban Dirjen PAS Abdul Aris di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021).

Aris menyebut pihaknya juga sudah menyiapkan uang santunan untuk seluruh keluarga korban. Uang santunan tersebut totalnya mencapai puluhan juta untuk satu orang korban.

"Jadi uang itu Rp6 juta untuk pemakaman, ambulans kemudian uang duka ya partisipasi ya bukan karena apa-apa, kita siapkan Rp30 juta per orang," beber Aris.

Sekedar informasi, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten ludes terbakar pada Rabu, 8 September 2021 dini hari. Tercatat, ada sebanyak 44 orang yang tewas akibat insiden ini.

Baca Juga: Viral Bocah Laki-laki Santai Duduk di Air Mendidih, Netizen: Video Editan

Selain korban jiwa, ada puluhan penghuni Lapas yang mendapatkan luka-luka akibat kebakaran tersebut. Pihak kepolisian sendiri sudah menaikkan status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan yang artinya polisi menemukan unsur pidana dalam kasus ini.

Sedangkan Tim DVI Polri sendiri saat ini masih berusaha mengidentifikasi puluhan korban jiwa tersebut. Berikut daftar korban yang sudah berhasil diidentifikas:

1. Rudhi alias Cangak bin Ong Eng Cue.
2. Diyan Adi Priyana bin Kholil.
3. Kusnadi bin Rauf.
4. Bustanil Arifin bin Arwani.
5. Alfin bin Marsum.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X