Waspada Cuaca Ekstrem, DKI Jakarta Siaga Banjir

- Selasa, 14 September 2021 | 10:33 WIB
Cahaya kilat berpendar di langit di Jakarta, Minggu (25/9). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama)
Cahaya kilat berpendar di langit di Jakarta, Minggu (25/9). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan peringatan waspada cuaca ekstrem, yakni seperti hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi pada hari ini hingga 15 September 2021.

Berdasarkan perkiraan cuaca tersebut, dan potensi dampak dari hujan lebat itu, BPBD DKI menetapkan status siaga banjir. Masyarakat pun diimbau agar tetap waspada, dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem ini.

Baca Juga: Miris! Sebanyak 5.806 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Batubara, BPBD Siaga Penuh

"Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di wilayah DKI Jakarta (SIAGA)," tulis akun Instagram BPBD DKI yang dikutip Selasa (14/9/2021).

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es)," tambahnya.

Cuaca ekstrem itu dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112, dan meminta masyarakat untuk melaporkan bila ditemukan genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana.

"Selain itu, kami akan membagikan peringatan dini melalui media sosial BPBD DKI Jakarta & Aplikasi JAKI," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X