The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

TKA Tiongkok Terus Berdatangan ke Indonesia, Legislator PAN: Apa Sih Jenis Pekerjaannya?
Calon penumpang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat akan melakukan penerbangan ke luar negeri melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (11/5/2020). (INDOZONE)
News

TKA Tiongkok Terus Berdatangan ke Indonesia, Legislator PAN: Apa Sih Jenis Pekerjaannya?

Di masa pandemi Covid-19.

Senin, 17 Mei 2021 13:49 WIB 17 Mei 2021, 13:49 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyayangkan masuknya warga negara asing (WNA) yang berasal dari Tiongkok terus masuk ke Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Ia khawatir para WNA tersebut justru berpotensi menyebarkan virus corona di Tanah Air.

"Saya benar-benar menyayangkan pemberian izin masuknya WNA Tiongkok ke Indonesia di tengah situasi pandemi seperti ini. Kedatangan mereka ini tentu dikhawatirkan berpotensi membawa  Covid-19," kata Saleh kepada wartawan, Senin (17/5/2021).

Tak hanya dikhawatirkan membawa virus corona, Saleh mempertanyakan masuknya WNA Tiongkok ini apakah dimaksudkan untuk bekerja di Indonesia.

Akan tetapi kondisi ini berbanding terbalik dengan banyak masyarakat yang dipecat. Karena itulah hal ini menjadi sorotannya mengapa harus TKA Tiongkok yang dipekerjakan, bukan justru rakyat sendiri.

"Apa sih jenis pekerjaan yang mesti membutuhkan TKA Tiongkok? Kementerian tenaga kerja perlu terbuka terkait masalah ini," tutur Saleh.

Politisi PAN ini menganggap pemerintah tidak mempedulikan protes yang dilayangkan oleh masyarakat agar menolak para TKA asal Tiongkok masuk ke Tanah Air.

Di sisi lain, Saleh menekankan pemerintah perlu mengkalkulasi ulang penggunaan TKA asal Tiongkok di Indonesia. Hingga kini, dirinya belum pernah mendengar bahwa kedatangan TKA Tiongkok dapat meningkatkan pemasukan negara.

BACA JUGA: Singapura Awasi Ketat Bandara Changi yang Jadi Klaster Terbesar Covid-19

"Setidaknya, saya belum pernah membaca laporan bahwa mereka berkontribusi dalam meningkatkan APBN," tegas Saleh

"Kalau kontribusinya tidak signifikan, ya dihentikan saja dulu sementara, ini demi keamanan warga masyarakat. Apalagi, belakangan ini peningkatan jumlah yang terpapar Covid-19 semakin tinggi," tutup Saleh.

Sebelumnya diketahui, Ratusan warga negara asing (WNA) diduga asal Tiongkok tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Sabtu (15/5) pagi. Sebagian mereka menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD) serba putih, sedangkan lainnya pakai baju biasa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US