The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah dan DPR Susun RUU Fintech
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers usai menghadiri rapat paripurna DPR Ke-10 masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/12/2021). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj)
News

Pemerintah dan DPR Susun RUU Fintech

Jaring masukan.

Sabtu, 11 Desember 2021 12:00 WIB 11 Desember 2021, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sedang menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk pengembangan dan penguatan sektor keuangan, termasuk sektor financial technologi (fintech). Dia berharap berbagai pihak terkait dapat memberi masukan dalam penyusunan regulasi ini.

"Saya berharap di dalam proses ini, komunikasi dengan fintech dan masukan dari para pelaku menjadi sangat-sangat penting," ucap Sri Mulyani dalam 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 yang dipantau secara daring di Jakarta, Sabtu (11/12/2021).

RUU tersebut akan membahas definisi dan ruang lingkup fintech, badan hukum penyelenggara fintech, pengaturan dan pengawasan, koordinasi, pengawasan dan pengembangan,  perizinan, asosiasi, dan perlindungan konsumen fintech.

RUU tersebut juga akan mengunakan istilah 'inovasi teknologi sektor keuangan' untuk 'fintech', agar bisa mencakup seluruh kegiatan di dalam industri fintech yang cukup luas.

Sri Mulyani mengungkapkan, manfaat dari perkembangan sektor keuangan digital begitu besar. Namun di sisi lain, risikonya juga besar, sehingga harus diupayakan agar bisa dikelola lebih minim.

"Peranan fintech dan teknologi digital di dalam mentransformasikan ekonomi Indonesia sangat penting," tambahnya.

Di sisi lain, keamanan data dan keselamatan masyarakat harus dijaga dari hal-hal yang bersifat kriminal dan distorsi.

"Mari kita bersama-sama membangun fintech dan teknologi digital untuk bisa memberi manfaat yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia, dan mendukung transformasi ekonomi Indonesia agar makin produktif, inovatif, dan kompetitif," ujar Sri Mulyani.

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US