Arab Saudi Berhasil Hadang 2 Rudal Balistik dari Yaman

- Selasa, 7 Desember 2021 | 09:19 WIB
Ilustrasi rudal. (REUTERS/WANA NEWS AGENCY)
Ilustrasi rudal. (REUTERS/WANA NEWS AGENCY)

Arab Saudi telah berhasil menghadang dua rudal balistik yang meluncur ke ibu kota, Riyadh, pada Senin malam (6/12/2021).

Dilansir Jerusalem Post, rudal-rudal itu dilaporkan ditembakkan dari Yaman. Serangan ini dilakukan Pasukan Houthi, yang bersekutu dengan Iran, yang meningkatkan serangan lintas perbatasan ke Arab Saudi menggunakan drone bersenjata.

Dilansir Al-Monitor, serangan itu terjadi di hari yang sama saat Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman memulai tur regional.

Serangan terhadap Riyadh terjadi ketika koalisi pimpinan Saudi meningkatkan kampanye udaranya di Yaman, saat Houthi mengancam untuk merebut benteng terakhir pemerintah Yaman di tengah konflik.

Baca juga: Houthi Lancarkan Serangan Drone ke Saudi, Balas Hantaman 13 Titik Militer di Yaman

Amerika Serikat (AS) yang melengkapi senjata dan mendukung kampanye militer Riyadh untuk membantu pemerintah Yaman, melawan pasukan Houthi, mengatakan bahwa pihaknya telah menghentikan dukungan atas perintah Presiden AS Joe Biden setelah menjabat pada Januari.

Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan pada hari Minggu, bahwa mereka telah membom sasaran militer Houthi di ibukota Yaman serta di provinsi Marib dan Hodeida.

"Pasukan pro-pemerintahan Yaman juga telah merebut jalan raya utama yang menghubungkan Hodeida ke Sanaa dan telah melakukan serangan ke kota pelabuhan barat Mocha", kata seorang sumber kepada AP, dikutip dari Al-Monitor.

Konflik ini telah dimulai dengan pemberontakan Houthi pada tahun 2014, PBB telah menyebut kondisi ini sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X