Erick Thohir Apresiasi Sinergitas BUMN dan Swasta untuk Membangun Kemandirian Bangsa

- Selasa, 10 Mei 2022 | 20:53 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (Istimewa)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (Istimewa)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, kinerja positif yang diraih BUMN tak lepas dari dukungan para mitranya. Karena itu ia memberikan apresiasi atas dukungan para mitra BUMN ini.

Erick mengatakan, sinergitas antarlini, baik dari BUMN dan sektor swasta sangat penting dalam membangun kemandirian bangsa. Terlebih di tengah era ketidakpastian akibat pandemi Covid-19, yang mana terganggunya rantai pasok.

Erick menyebutkan, BUMN dan swasta harus dapat mengoptimalkan sumber daya alam (SDA) dan market yang besar untuk pertumbuhan ekonomi negara sendiri.

"Kalau kita lihat prestasi pemerintah saat ini, ketika banyak negara setelah Covid-19, lalu rantai pasok kemarin terganggu, pertumbuhan (ekonomi) rata-ratanya 3,6 persen sampai 4,2 persen, kita sekarang kurang lebih di lima (5) persen, itu pun nomor dua di bawah Vietnam, masa kita kalah sih sama Vietnam," ujar Erick dalam acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 di Graha Pertamina, Jakarta, Senin (9/5/2022) malam.

Erick menyebutkan, konsolidasi antara BUMN dan swasta harus terus digalakkan. Pemerintah, ucap Erick, saat ini telah memiliki peta jalan (roadmap) besar yang tentu harus dikesinambungkan antara BUMN dengan swasta.

"Kita tidak justru terbelah di sana-sini yang tidak jadi kekuatan sendiri kita sebagai bangsa. Inilah kenapa saya bicara hari ini ingin mengapresiasi Mitra BUMN Champion," ucap Erick.

BACA JUGA: Erick Thohir Dukung Timnas Basket 3x3 Indonesia Raih Prestasi di SEA Games

Erick ingin mitra-mitra tersebut dapat membantu BUMN untuk naik kelas ke panggung global. Menurut Erick, penguatan ekosistem Indonesia tak hanya bisa dilakukan BUMN sendiri, melainkan juga butuh peran swasta.

"Saya yakin kalau kita mau, antara swasta dan BUMN bisa menciptakan ekosistem untuk Indonesia," kata Erick.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X