The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sejumlah Pendemo Tak Jelas yang Sempat Diamankan di Jakarta Sudah Dipulangkan
Petugas mengamankan seorang pria yang diduga provokator di sela aksi unjuk rasa 21 April di kawasan Patung Kuda. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
News

Sejumlah Pendemo Tak Jelas yang Sempat Diamankan di Jakarta Sudah Dipulangkan

Tak masuk dalam kelompok mahasiswa atau buruh.

Jumat, 22 April 2022 13:05 WIB 22 April 2022, 13:05 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah massa pendemo  yang tidak jelas dan sempat diamankan oleh pihak kepolisian dalam aksi unjuk rasa di patung kuda dan gedung DPR/MPR kemarin saat ini sudah dipulangkan. Massa tersebut masuk dalan kategori tidak jelas karena tidak tergabung dalam kelompok massa mahasiswa ataupun buruh.

"Semua sudah dipulangkan, hanya diambil keterangannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan saat dihubungi wartawan, Jumat (22/4/2022).

Zulpan sendiri tidak menjelaskan total massa yang diamankan oleh pihaknya kemarin. Namun, dia hanya menyebut massa tersebut tidak tergabung dalam kelompok mahasiswa ataupun buruh.

"Intinya kan mereka itu adalah orang-orang yang tidak tergabung dalam kelompok mahasiswa atau buruh yang sedang menyampaikan pemberitahuan unras. Mereka nggak masuk dalam kelompok Aliansi Mahasiswa Indonesia dan kelompok buruh Kasbi, nggak ada," beber Zulpan.

Baca Juga: Paksa Masuk Arah Istana, Pendemo di Patung Kuda Diamankan

Dari sejumlah massa yang diamankan, polisi juga tidak menemukan benda berbahaya seperti senjata tajam. Massa yang tidak jelas itu juga masih berstatus sebagai pelajar.

"Ya rata-rata pelajar, tidak ada bawa sajam," kata Zulpan.

Lebih jauh Zulpan menyebut pihaknya mengamankan massa tersebut kemarin hanya untuk meminimalisir adanya provokator ataupun penyusup saat demo berlangsung. Massa tersebut berhasil diamankan melalui proses filterisasi disejumlah wilayah.

"Mereka kita pulangkan jangan sampai mereka jadi provokator, penyusup dan sebagainya. Mereka ini melalui langkah filterisasi Polda Metro makanya terjaring orang-orang seperti itu," kata Zulpan.

Sebelumnya, massa dari elemen mahasiswa dan buruh sempat menggelar aksi unjuk rasa kemarin di sekitaran Patung Kuda dan Gedung DPR/MPR, Jakarta. Salah satu tuntutan mereka masih seputar penolakan penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan tiga priode.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US