The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Badan Geologi Naikkan Status Gunung Semeru jadi Siaga Level 3
Kampung yang terdampak erupsi Gunung Semeru itu saat ini terpantau sepi ditinggal warganya mengungsi. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)
News

Badan Geologi Naikkan Status Gunung Semeru jadi Siaga Level 3

Jumat, 17 Desember 2021 10:52 WIB 17 Desember 2021, 10:52 WIB

INDOZONE.ID - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menaikkan status Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, menjadi Siaga level 3.

"Tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikkan dari Waspada level 2 menjadi Siaga level 3 terhitung mulai 16 Desember 2021 pukul 23.00 WIB," kata Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (17/12), seperti dilansir Antara.

Eko menjelaskan bahwa kenaikan status itu mengingat aktivitas Gunung Semeru masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur awan panas guguran serta aliran lava.
 
Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak gunung.
 
Masyarakat juga dihimbau tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak gunung.

"Selain itu, masyarakat juga tidak boleh memasuki dan tidak boleh beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar)," tambah Eko.

Sebagai informasi, terdapat empat status gunung berapi yaitu normal, waspada, siaga dan awas.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US