Korea Utara Larang Warga Pakai Jaket Kulit, Tak Boleh Tiru 'Outfit' Kim Jong Un

- Jumat, 26 November 2021 | 15:44 WIB
Kim Jong Un memakai jaket kulit (KCNA via REUTERS)
Kim Jong Un memakai jaket kulit (KCNA via REUTERS)

Korea Utara tak hanya mengatur hiburan jenis apa yang bisa dinikmati warganya. Kini, Korut melarang warga memakai jaket kulit karena dianggap meniru fashion Kim Jong Un.

Sejak Kim Jong Un tampil di publik dengan memakai jaket kulit, fashion ini langsung jadi primadona warga. Adik Kim juga ikut-ikutan memakai jaket kulit.

Pedagang di Korea Utara akhirnya ikut membuat desain jaket kulit seperti yang dipakai Kim Jong Un dan pejabat Korea Utara. Tak disangka, jaket kulit ini laku keras.

Namun, kini aparat Korea Utara akan menindak warga yang menjual jaket kulit. Jaket kulit tersebut diasosiasikan sebagai simbol kekuasaan.

"Karena mantel kulit diasosiasikan sebagai simbol kekuasaan, penyedia pakaian mulai meminta impor kulit sintetis sejak September tahun ini," kata seorang warga di Pyongyang, dilansir Daily Mirror, Jumat (26/11/2021).

Warga yang memakai outfit jaket kulit ini dianggap menantang kekuasaan Kim Jong Un.

"Pemerintah lokal menyatakan, fesyen yang sedang berlaku sekarang seperti menantang wewenang Pemimpin Tertinggi," jelas si warga.

Namun, sebenarnya jaket kulit sudah sering digunakan di Korea Utara sejak tahun 2000an. Gaya ini ditiru warga Korut dari film-film Korea Selatan yang diselundupkan secara ilegal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X