Trend Penggunaan Narkoba Berubah, Kapolda Metro: Digunakan untuk Aksi Kejahatan

- Kamis, 25 November 2021 | 16:38 WIB
Ilustrasi obat. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi obat. (Pexels/Pixabay)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran berbicara terkait trend penggunaan narkotika saat ini. Kapolda menyebut ada perubahan trend terhadap pelaku-pelaku penggunaan narkotika.

"Kalau dulu orang menggunakan sabu untuk kenikmatan, sekarang sabu sudah menjadi motif dari pada orang melakukan kejahatan," kata Irjen Fadil dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Irjen Fadil meyebut banyak pelaku-pelaku yang melakukan aksi kejahatan hanya untuk membeli narkotika. Narkotika sendiri menjadi pemicu orang untuk melakukan tindakan kejahatan.

"Jadi ada tambahan mengapa dia mencuri, mengapa dia melakukan tawuran dan sebagainya, melakukan begal dan sebagainya karena uang hasil kejahatan itu akan dibelikan narkotika jenis sabu," beber Fadil.

Jenderal polisi bintang dua ini menyebut hal ini menjadi tantangan semua pihak bukan hanya pihak kepolisian. Pemberantasan narkotika disebutnya tidak bisa dilakukan hanya menangkap bandar, kurir maupun penggunanya, melainkan harus dari keluarga sendiri.

"Saya kira ini jadi tantangan kita semua bagaimana perubahan prilaku penjahat, kriminal ternyata bukan semata-mata motif ekonomi, tapi karena ingin membeli narkotika," kata Fadil.

"Bagaimana menangkap bandar tapi ketahanan keluarga timbul sehingga tidak ada keinginan atau pemicu keluarga kita menghadapi masalah pelarian narkoba ini terus kita lakukan," pungkas Fadil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X