Dicurigai Punya 'Orang Dalam' Lulus CPNS padahal Baru Wisuda, Ternyata Ini yang Dilakukan

- Rabu, 7 Juli 2021 | 12:13 WIB
Tangkapan layar postingan yang memperlihatkan perjuangan seorang wanita biar bisa lulus PNS. (Istimewa)
Tangkapan layar postingan yang memperlihatkan perjuangan seorang wanita biar bisa lulus PNS. (Istimewa)

Rangkaian tes penerimanan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dibuka. Dan Tentunya ini banyak ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja khususnya mereka yang baru saja lulus kuliah dan ingin segera bekerja sebagai PNS atau ASN.

Namun, tidak jarang ada saja kejadian dimana orang-orang yang dinyatakan lulus CPNS, dicurigai punya orang dalam atau koneksi agar bisa diterima. Pemikiran seperti ini memang sudah ada sejak dulu di masyarakat.

Seperti yang dialami seorang wanita bernama Yunita Putri. Ia membagikan video yang menceritakan perjuangannya mengikuti tes CPNS yang orang lain tidak lihat melainkan justru mencurigainya lulus karena punya koneksi dan menyogok.

"Yang orang lihat: Baru wisuda langsung diterima (lulus) PNS pasti pake orang dalem," tulis caption video yang diunggah oleh akun twitter @bagihumor.

Namu yang orang lain tidak lihat adalah bagaimana gigihnya dia mempersiapkan diri untuk belajar sebelum tes CPNS. Tidak hanya melalui buku-buku yang dibelinya, ia juga mempunyai banyak catatan yang ia tempel di dinding. Begitu juga dengan isi galeri di handphone-nya, semuanya berkaitan dengan soal-soal tes CPNS.

Warganet pun bereaksi atas postingan itu. Ada yang mengangangap itu hanya drama saja, ada pula yang kagum dengan perjuangan wanita tersebut.

"Halah drama," tulis @wisbenae.

"Gue baca persyaratan CPNS aja udah ketiduran duluan," ungkap @Reejaaaa.

"MashaAllah keren," komentar @iamurbadas.

Menjelang pendaftaran CPNS 2021, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh peserta. Adapun yang harus dipersiapkan yakni berkas, data diri, menentukan formasi yang akan dipilih, mempelajari soal seleksi CPNS, hingga mempersiapkan mental.

Sebab, sistem gugur dan sistem passing grade yang diberlakukan pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS menjadi tantangan berat bagi pesertanya. Selain harus bisa mengerjakan soal sesuai batas minimal yang ditentukan, pelamar CPNS juga perlu meraih skor setinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X