Hari Ini 8 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Airlangga: Dalam Bentuk Bulk

- Selasa, 25 Mei 2021 | 12:21 WIB
Menko Airlangga Hartanto (Tengah). (Foto: tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Menko Airlangga Hartanto (Tengah). (Foto: tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Hari ini, Selasa (25/5/2021) pemerintah Indonesia menerima pasokan bahan baku delapan juta dosis vaksin COVID-19 dari Sinovac, perusahaan biofarmasi yang berbasis di Tiongkok. Kedatangan kali ini merupakan vaksin COVID-19 yang memasuki tahap ke 13.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengatakan vaksin tersebut masih dalam bentuk bulk atau bahan baku.

"Alhamdulillah, puji syukur, hari ini kita bisa menyaksikan kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac delapan juta dosis dalam bentuk bulk (bahan baku)," kata Airlangga seperti ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (25/5/2021).

BACA JUGA: WHO Mengecam 'Ketidakadilan Vaksin' karena Masih Banyak Negara Belum Mendapatkan Vaksin

Setelah kedatangan pasokan bahan baku delapan juta dosis vaksin itu, ia mengatakan, secara keseluruhan pemerintah sudah mendatangkan pasokan 83,9 juta dosis vaksin COVID-19.

Airlangga mengatakan pemerintah berupaya menjaga ketersediaan stok vaksin untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 berjalan sesuai rencana.

Pemerintah, ia melanjutkan, juga berupaya memastikan keamanan, mutu, dan khasiat vaksin COVID-19 yang digunakan dalam program vaksinasi nasional.

"Vaksin diterima melalui proses evaluasi BPOM," ujarnya.

Ia menjelaskan pula bahwa vaksinasi merupakan salah satu penentu keberhasilan upaya untuk mengendalikan penularan COVID-19.

Pemerintah berencana memvaksinasi sedikitnya 70 persen dari populasi atau sekitar 181,5 juta orang untuk mewujudkan kekebalan komunal terhadap penyakit tersebut.

Saat ini, menurut Airlangga, pemerintah sudah melakukan vaksinasi COVID-19 pada sekitar 24,9 juta warga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X