Tak Hanya Untuk Pembangunan, Menkeu: Pajak Juga Dukung Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 14:25 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan bahwa penerimaan perpajakan tidak hanya dipakai untuk pembangunan yang dapat dilihat, seperti infrastruktur dan sekolah, tapi juga untuk mendukung jajaran tenaga pendidikan dan kesehatan.

“Jajaran dan seluruh pendidik di Indonesia, baik itu di sekolah negeri, madrasah, itu semua mendapat dukungan dari pajak. Jajaran tenaga kesehatan yang selama 17 bulan bertarung menghadapi COVID-19 di lini terdepan, mereka mendapatkan tunjangan dan dukungan termasuk perlindungan dalam bentuk APD dan vaksinasi,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam webinar "Pajak Bertutur 2021" yang dipantau di Jakarta, Rabu (25/08), seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa selama ini penerimaan perpajakan menyumbang sebesar 70- 80 persen total penerimaan negara.

Dengan dana itu, pemerintah telah membelanjakan Rp214,96 triliun untuk mengatasi penyebaran COVID-19 pada 2021 yang diwujudkan dalam program vaksinasi, program testing, tracing, treatment, serta insentif tenaga kesehatan.

Selain itu, pemerintah juga meningkatkan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebesar lebih dari Rp186 triliun.

Pemerintah pun memberikan bantuan internet bagi 35,95 juta pelajar yang mesti melakukan sekolah dari rumah secara daring.

“Sebanyak 35,95 juta murid-murid menerima bantuan internet, termasuk mahasiswa, para murid sekolah negeri, madrasah, pesantren, dan tenaga pendidik, dosen, guru,” kata Sri Mulyani.

Di samping itu, penerimaan perpajakan juga akan digunakan untuk memperbaiki koneksi internet di 13 ribu desa di Indonesia. Pemerintah akan meneruskan pembangunan palapa ring, Base Transceiver Station (BTS), dan fiber optic sepanjang 36 ribu km.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X