Pencari Senjata dan Amunisi Untuk KKB Lekagak Telenggen Ditangkap, Bawa Uang Rp370 juta

- Selasa, 15 Juni 2021 | 19:18 WIB
 RM, anggota KKB yang bertugas mencari senjata api dan amunisi ditangkap di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. (photo/ANTARA/HO-Humas Polda Papua)
RM, anggota KKB yang bertugas mencari senjata api dan amunisi ditangkap di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. (photo/ANTARA/HO-Humas Polda Papua)

RM alias NM (26) yang merupakan pencari senjata api dan amunisi untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen ditangkap polisi di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya.

"RM sudah mengaku kepada penyidik, termasuk aliran dana yang diperoleh untuk membeli senpi dan amunisi," kata Irjen Pol. Mathius Fakhiri di Jayapura, Selasa (15/6) dikutip dari ANTARA.

Kapolda mengatakan bahwa penyidik masih mendalami pengakuan RM yang ditangkap Selasa (15/6) sesaat hendak terbang ke Timika.

Ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Kapolda mengatakan bahwa penangkapan terhadap RM terjadi saat yang bersangkutan hendak melanjutkan perjalanannya ke Timika dengan menggunakan pesawat.

Baca juga: Luhut Nilai Produksi Alkes Dalam Negeri Bisa Hemat Hingga Rp300 Triliun per Tahun

Sebetulnya, menurut Fakhiri, dari laporan yang diterima menyebutkan bahwa RM yang menggunakan pesawat Rimbun Air terbang dari Nabire ke Timika, Senin (14/6) dengan rute Nabire-Mulia (Puncak Jaya)-Timika.

Namun, sesampainya di Mulia, Senin (14/6), pesawat mengalami gangguan sehingga pada hari Selasa (15/6) baru melanjutkan penerbangan.

"Pada saat itulah salah seorang anggota KP3 Bandara Mulia mengetahui keberadaan yang bersangkutan, kemudian melaporkan, lalu aparat menangkap RM," kata Fakhiri.

Ketika ditanya tentang asal uang yang diamankan bersama RM, Kapolda Papua mengatakan bahwa RM mendapat uang tersebut dari seseorang yang saat ini masih didalami penyidik.

"Terkait dengan aliran dana yang dipegang RM masih dalam penyelidikan. Perkembangan selanjutnya akan diinfokan lagi," kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.

RM diamankan bersama barang bukti berupa uang sebesar Rp370 juta, tiga buah handphone, dan berbagai barang bukti lainnya, termasuk buku catatan.

Saat ini RM masih diamankan di Mapolres Puncak Jaya di Mulia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X