Wakil Menteri Agama: Tidak Mudik Sama dengan Berjihad, Jihad untuk Kemanusiaan

- Senin, 3 Mei 2021 | 16:34 WIB
Kolase foto Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan ilustrasi mudik (Antaranews)
Kolase foto Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan ilustrasi mudik (Antaranews)

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menyebut warga yang tidak mudik pada Lebaran kali ini sama seperti sedang berjihad.

Sebab, saat ini Indonesia masih dihantui penuluran COVID-19. Sehingga, menurut dia, tidak pulang kampung sama dengan menyelamatkan manusia.

"Menjaga keselamatan jiwa itu lebih utama dan harus lebih didahulukan dan itu menjadi sangat diutamakan. Orang yang tidak mudik sama dengan berjihad, jihad untuk kemanusiaan," kata Zainut dilansir ANTARA, Senin (3/5/2021).

Zainut mengatakan, warga menghadapi dua risiko saat masa pandemi. Yakni risiko tertular dan risiko menularkan virus. Keduanya sama-sama membahayakan keselamatan.

Kata dia, warga yang mudik Lebaran juga menghadapi risiko tersebut.

"Tidak mudik lebih baik, karena mudik akan membahayakan saudara dan keluarga," kata Zainut.

Zainut mengatakan, peningkatan mobilitas warga pada masa libur panjang, termasuk masa mudik, biasanya diikuti dengan peningkatan kasus penularan COVID-19.

Oleh karena itu, pemerintah memberlakukan kebijakan larangan mudik guna mencegah terjadinya lonjakan penularan virus corona.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir sebelumnya juga mengimbau warga tidak mudik Lebaran tahun ini.

"Karena belum memungkinkan dan sesuai dengan kebijakan pemerintah sebaiknya warga bangsa tidak perlu mudik di tahun ini, apalagi bila mudik itu kemudian kita menjadi tidak disiplin dan menambah penularan COVID-19," kata dia.

Haedar mengatakan bahwa memilih untuk tidak mudik pada masa pandemi COVID-19 adalah bagian dari kesalehan.

"Kita harus berempati kepada tenaga-tenaga kesehatan yang masih berjuang di rumah sakit dan para relawan dalam menghadapi COVID-19 ini," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X