Gerindra Harap Revisi UU Otsus Dapat Akhiri Persoalan di Papua

- Jumat, 7 Mei 2021 | 11:51 WIB
KKB Papua (TPNPB)
KKB Papua (TPNPB)

Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR Ahmad Muzani mengakui situasi di Papua saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Terlebih tindakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Saya kira situasi di Papua sudah sangat mengkhawatirkan,” ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (7/5/2021).

Menurut Muzani, gerakan KKB di Papua sama dengan gerakan separatis di seluruh dunia. Dimana menimbulkan kepanikan serta ketakutan di masyarakat salah satu caranya yakni membakar fasilitas umum.

“Maka kalau itu terjadi tujuan dari sebuah gerakan itu sudah berhasil, menimbulkan ketakutan umum. Ketakutan umum artinya menciptakan ketidakpercayaan pada aparat. Ketidakpercayaan pada aparat kemudian menimbulkan pada pemerintah,” bebernya.

Baca Juga: Twitter Tutup Akun Berafiliasi dengan Medsos Donald Trump

Sekjen Partai Gerindra ini menekankan, langkah pemerintah pusat yang berkoordinasi dengan TNI-Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mengerahkan kekuatan adalah hal yang tepat.

“Gerakan aparat di lapangan harus bersatu padu dengan tupoksi masing-masing menangani gerakan separatis ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Muzani mengharapkan, dengan adanya revisi Undang-Undang nomor 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua diharapkan bisa mengakhiri berbagai persoalan yang ada disana.

“Kami berharap pansus Papua jilid kedua yang sekarang dibahas di DPR, yang beberapa bulan lagi akan selesai mudah-mudahan, kami berharap itu menjadi solusi,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X