The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Percaya Novel Baswedan Tak Lolos Tes ASN, Anggota DPR: Buka Hasilnya ke Publik!
Penyidik KPK Novel Baswedan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
News

Tak Percaya Novel Baswedan Tak Lolos Tes ASN, Anggota DPR: Buka Hasilnya ke Publik!

Transparansi.

Selasa, 04 Mei 2021 13:33 WIB 04 Mei 2021, 13:33 WIB

INDOZONE.ID - Puluhan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan tak lolos asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Nama Novel Baswedan menjadi salah satu yang dikabarkan.

Terkait hal ini, Anggota Komisi III DPR Habiburokman mengatakan, dirinya sedikit tak percaya jika memang benar Novel Baswedan tidak lolos seleksi ASN ini. Pasalnya Novel memiliki latar belakang polisi dan sudah pernah mengikuti tes tersebut.

"Pak Novel itu kan alumni Akpol saya pikir ketika masuk Akpol ada pendidikan berjenjang, ada sespimen mungkin sudah diikuti. Tapi kok kayaknya sulit kalau enggak lulus," kata Habiburokman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Namun demikian, politisi Partai Gerindra itu menekankan apapun segala keputusan nantinya adalah kewenangan dari pihak penyelenggara. Hanya saja, Habiburokman mendorong agar hasil tes tersebut dibuka ke publik sebagai transparansi kepada masyarakat semua.

"Kita dorong untuk transparan saja hasil tesnya. Seperti dulu jaman kuliah," tegasnya.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa sehabis Hari Raya Idulfitri, Komisi III DPR akan menggelar rapat dengan lembaga antirasuah. Jika Novel benar tak lulus, pihaknya akan memberikan pertanyaan kepada KPK.

"Pasti nanti ada pertemuan dengan KPK ketika masa sidang besok habis Lebaran, kita ingin tanya persoalan tes tersebut," tutupnya.

BACA JUGA: Sering Dipakai Pembunuh, Ini Cara Racun Sianida Tewaskan Korban Menurut Ahli Forensik

Diketahui sebelumnya beredar kabar sejumlah lembaga antirasuah tidak lulus tes peralihan pegawai ke ASN. Nama tersebut terdiri dari sejumlah penyidik dan Kasatgas.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui sudah menerima hasil asesmen tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Adapun tes itu merupakan bagian proses alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“KPK benar telah menerima hasil assesment wawasan kebangsaan yang diserahkan pihak BKN RI tanggal 27 April 2021,” ukar Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi Indozone, Selasa (4/5/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US