Dramatis! Petugas Desa Bera Dolu Nekat Panjat Tiang Bendera karena Tali Putus saat Upacara

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 10:34 WIB
Petugas Desa Bera Dolu panjat tiang bendera karena tali putus saat upacara 17 Agutsus di Sumba Barat (Instagram/andreli48)
Petugas Desa Bera Dolu panjat tiang bendera karena tali putus saat upacara 17 Agutsus di Sumba Barat (Instagram/andreli48)

Momen dramatis terjadi saat detik-detik pengibaran bendera merah putih dalam Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, di Lapangan Pengadurade, Desa Ubu Pede, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (17/8/2021).

Kejadian bermula ketika tali pengait bendera merah putih putus hingga bendera sempat terjatuh ke tanah saat hendak ditarik petugas pengibar bendera. Diduga tali pengait itu putus dikarenakan tiupan angin kencang. 

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak seorang pria bernama Soleman Sairo yang merupakan Kepala Urusan di Desa Bera Dolu maju untuk melakukan upaya penyelamatan bendera merah putih. 

Soleman tampak melepas pakaian upacaranya hanya mengenakan celana dan pakaian dalam saat memanjat tiang bendera yang cukup tinggi itu. 

Peserta upacara yang melihat kejadian itu pun terdengar berdoa meminta keselamatan untuk Soleman. 

"Pelan pelan pelan, ya Tuhan tolong, Tuhan tolong," kata peserta upacara, seperti dikutip Indozone melalui unggahan di akun @andreli48, Rabu (18/8/2021).

Soleman pun berhasil memperbaiki tali pengait bendera yang putus dan turun dengan selamat. Selanjutnya upacara bendera pun dilanjutkan dengan khidmat kembali.

"Kejadian Joni terjadi lagi di Sumba Barat Kec. Loli. Salut buat Pegawai Kontrak dan Anak Paskibra yg sudah berusaha mengibarkan kembali Sangsaka Merah Putih. Bravo Indonesia. Jayalah Selalu," tulis keterangan video. 

-
Instagram/andreli48

Sementara itu, Kepala Desa Bera Dolu mengatakan bahwa kejadian itu terjadi tiba-tiba dan untungnya ada peserta yang sigap membantu. 

Awalnya ada petugas yang berusaha untuk naik ke tiang bendera untuk memperbaiki tali pengait yang putus, namun tak sanggup. Lalu kemudian, majulah Soleman naik dan berhasil memperbaikinya. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X