The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ratusan WN India Masuk RI, Wagub DKI: Perketat Masa Karantina
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (photo/Instagram/@arizapatria)
News

Ratusan WN India Masuk RI, Wagub DKI: Perketat Masa Karantina

Sabtu, 24 April 2021 13:17 WIB 24 April 2021, 13:17 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, ratusan warga negara India yang masuk ke Indonesia harus menjalani karantina. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Itu kan sudah ada protapnya selama ini kepada warga negara asing yang datang ke Indonesia harus masuk karantina dan yang bersangkutan kan sudah di karantina, terlebih ditemukan ada yang positif COVID-19, sehingga tentu pengawasan akan lebih ketat lagi," kata Riza di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 23 April 2021.

Pihak-pihak terkait seperti Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan dan Pihak Angkasa Pura, harus bisa memastikan langsung warga negara asing yang masuk ke Indonesia terbebas dari Covid-19 dan sudah melalui standar operasional prosedur (SOP).

"Karena beberapa orang diantaranya positif COVID-19. Kedua kita tahu juga khawatir dari pihak warga negara asing (India) sedang tinggi tingginya meninggal COVID-19 per harinya itu luar biasa. Ketiga, kita menjaga agar  jangan sampai ada varian baru yang masuk ke Indonesia," ungkapnya.

Riza mengatakan, pengetatan terhadap pintu masuk Indonesia melalui bandara harus dijalankan. Presiden Jokowi juga menginstruksikan bandara yang jadi pintu masuk Indonesia harus dijaga ketat.

"Jangan sampai lengah, tidak boleh di abaikan, tidak kemudian uforia, justru semakin tinggi COVID-19 kita harus semakin meningkatkan protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebanyak 135 warga negara India tiba di Bandara Soetta di tengah tingginya kasus Covid-19 di Negara Anak Benua tersebut.

Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Romi Yudianto menyebutkan, WN India yang tiba di Bandara Soetta bukan berjumlah 135 orang, namun 117 orang. Para WN India itu tiba di Indonesia menggunakan pesawat AirAsia QZ988.

Lebih lanjut, para WNA itu lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan secara ketat yang dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta, dengan pemeriksaan PCR/Swab. Pemeriksaan itu merupakan syarat wajib untuk masuk ke Indonesia dengan menyatakan mereka bebas dari Covid-19.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US