TNI Siap Tempur, akan Patuhi Perintah Presiden Jokowi Tangkap Semua Anggota KKB Papua

- Selasa, 27 April 2021 | 10:36 WIB
Anggota KKB Papua (TPNPB)
Anggota KKB Papua (TPNPB)

Kapuspen TNI, Mayor Jenderal TNI Achmad Riad, menegaskan TNI siap membantu polisi menangkap seluruh anggota kelompok kriminal di Papua. 

Pernyataan itu menanggapi perintah Presiden Jokowi terhadap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, agar mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal (KKB) di Papua. 

"Intinya, kami (TNI) siap untuk menangkap seluruh anggota KKB. Kami menunggu keputusan politik Presiden Jokowi selanjutnya," kata dia.

Selama ini, TNI dan Kepolisian Indonesia sudah bekerja sama baik untuk menangkap anggota kelompok bersenjata di Papua yang sering menembak aparat negara dan warga, bahkan hingga menghilangkan nyawa mereka dengan cara yang kejam.

TNI saat ini masih menunggu keputusan pemerintah apakah akan melakukan operasi besar-besaran di Papua untuk menangkap seluruh anggota kelompok bersenjata.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi perintahkan TNI dan Polri menangkap semua anggota KKB, menyusul insiden tewasnya Kepala BIN Daerah Papua, Mayor Jenderal TNI Anumerta I Gusti Putu Danny.

IGP Danny adalah korban serangan kelompok bersenjata dengan pangkat paling tinggi yang pernah terjadi selama ini.

Jokowi menegaskan, tidak ada tempat bagi kelompok kriminal di wilayah Tanah Air Indonesia, termasuk Papua.

"Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," ujarnya.

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X