Akun Instagram Pemkot Solo Diretas dan Unggah Meme, Gibran Laporkan ke Facebook

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 19:33 WIB
Kiri: Akun Instagram Pemkot Solo saat diretas. (photo/Instagram). Kanan: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (photo/ANTARA/Aris Wasita)
Kiri: Akun Instagram Pemkot Solo saat diretas. (photo/Instagram). Kanan: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (photo/ANTARA/Aris Wasita)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melaporkan peretasan terhadap Instagram milik Pemerintah Kota Solo @pemkot_solo kepada pihak Facebook yang merupakan induk perusahaan Instagram.

Akun Instagram Pemkot Solo tersebut diretas beberapa kali sejak Jumat (8/10) sore. Peretas akun itu bahkan mengunggah beberapa meme di akun Instagram tersebut.

Setelah kembali pulih, akun tersebut pada Sabtu (9/10) ni dinonaktifkan untuk sementara waktu untuk pengamanan lebih lanjut.

Terkait hal itu, Gibran juga sudah menginstruksikan stafnya untuk melakukan penguatan password atau kata kunci dengan cara sering mengubahnya.

Baca juga: Raih Emas PON XX Papua, Basket Putra DKI Jakarta Akhiri Dahaga 13 Tahun

"Itu email-nya juga diubah saja sekalian," katanya.

Meski demikian, sejauh ini pihaknya belum berniat untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian.

Gibran menilai kejadian tersebut tidak perlu menyikapinya secara berlebihan.

"Ngopo dilaporke polisi (kenapa dilaporkan polisi). Biasalah, nanti sehari, 2 hari sudah balik lagi," katanya.

Sebelumnya, tepatnya pada hari Jumat (8/10) pukul 16.29 WIB akun resmi milik Pemkot Solo tersebut diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Gibran mengatakan email dari akun tersebut diganti oleh seseorang sehingga admin resmi tidak dapat login.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut," katanya.

Sementara itu, selama tidak dapat diakses oleh petugas admin resmi, sejumlah video meme tampak diunggah di akun tersebut. Meski demikian, saat ini akun tersebut belum dapat diakses karena sedang dalam pengamanan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X