Pria yang Pernah di DO Ini Jadi Lulusan Terbaik di Universitas Inggris

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 15:24 WIB
Dok. Mohammad Afiq Ismail
Dok. Mohammad Afiq Ismail

Tidak semua orang yang pernah drop out (DO) dari sekolahnya memiliki masa depan yang suram. Pria bernama Mohammad Afiq Ismail yang pernah di DO ini justru memiliki masa depan yang cemerlang.

Pria asal Malaysia ini menjadi lulusan terbaik dari University of Essex dengan First Class Honors dengan jurusan akuntansi dan keuangan. Ia pun menceritakan perjuangannya tersebut di akun Facebooknya.

"Saya gagal dalam Penilaian Menengah Rendah (PMR) dan dikeluarkan dari sekolah saya yang sebelumnya, tetapi sekarang saya adalah orang pertama dari kampung saya yang pernah belajar di Inggris, lulus dari University of Essex dengan First Class Honors dalam akuntansi dan keuangan," ujar Afiq.

Afiq dikeluarkan dari sekolahnya karena ia menjadi salah satu siswa dengan nilai terendah. Ia bahkan sempat tidak bersekolah selama sebulan karena tidak ada sekolah yang mau menerimanya.

Sang ibu pun tetap mengusahakan yang terbaik agar Afiq bisa kembali sekolah. Ibu Afiq kemudian pergi ke Kementerian Pendidikan Negara dan meminta agar anaknya ditempatkan di sekolah menengah yang baik.

Setelah pindah sekolah, Afiq mengaku bahwa teman-temannya sempat merendahkannya. Namun, ia tidak menyerah. "Saya sempat merasa tersisih, tapi saya lalu berkata pada diri sendiri 'lihat saja nanti'. (Dan tak disangka) saya lalu jatuh cinta pada bidang akuntasi dan berusaha dengan keras untuk menunjukkan jika pandangan mereka salah," ujarnya.

Usaha tak mengkhianati hasil, Afiq akhirnya menjadi anak yang berprestasi dan mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan ke Inggris. Perjuangannya saat di Inggris juga tak mudah. Ia harus bekerja 5-6 jam sehari untuk uang saku tambahannya. Ia juga harus bangun jam 4 pagi.

Ia bekerja menggosok lantai, mengatur ulang kursi, membersihkan meja, dan membersihkan toilet. Ia bahkan menyisihkan uangnya untuk membelikan orangtuanya tiket pesawat agar orangtuanya bisa ke Inggris. Kini, Afiq tengah berbahagia dengan gelar yang didapatkannya.

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X