Kondisi Sao Paulo di Brasil Akibat Kebakaran Hutan Amazon

- Sabtu, 24 Agustus 2019 | 18:02 WIB
photo/Boredpanda
photo/Boredpanda

Pada Senin (19/8), ketika hari menjelang malam, langit kota Sao Paulo di Brasil tiba-tiba ditutupi awan hitam tebal seperti dilanda kegelapan. Seorang ahli meteorologi, Franco Nadal Villela mengatakan kondisi gelap gulita itu disebabkan oleh angin dingin dari timur Sao Paulo.

"Angin dingin dari timur Sao Paulo bertemu dengan debu halus yang dibawa dari kebakaran di Mato Grosso do Sul," kata Franco.

Menurut laporan dari warga, awan hitam tebal itu sudah terjadi sekitar pukul 3 sore waktu setempat. Keadaan gelap itu berlangsung lebih dari satu jam, hingga akhirnya perlahan menghilang.

-
photo/Boredpanda

Sementara, beberapa warga juga membagikan kondisi di tempat mereka saat awan hitam tebal tersebut menyelimuti kota, meskipun saat itu sedang turun hujan.

"Semua orang mengomentari fenomena tersebut, bahkan ketika hari diguyur hujan pun, langit tidak biasanya menjadi gelap seperti itu," seorang penduduk setempat bernama Gianvitor Dias.

Tak sampai di situ, beberapa warga juga membuktikannya dengan mengunggah air hujan yang mereka tampung di dalam ember. Airnya sangat kotor dan hitam.

Menurut ahli meteorologi Ross Hull, beberapa faktor datang bersamaan sehinga menyebabkan langit Sao Paulo diselubungi kegelapan, selain diakibatkan kebakaran luas di hutan Amazon, Brasil.

"Batas depan yang membantu menciptakan gaya angkat dan kondensasi adalah katalis bagi badai petir untuk masuk. Petir dan badai petir sebenarnya dilaporkan terjadi di bandara di Sao Paulo pada hari Senin, dan Anda dapat melihat kilatan petir di beberapa gambar dari kondisi tersebut," katanya.

-
photo/Twitter/leaelisa

Hull mengatakan fenomena itulah yang kemudian membuat langit gelap. "Tambahkan fakta bahwa angin tingkat atas, serta bagian depan, membantu untuk mengarahkan asap dari kebakaran yang membakar barat laut kota di bagian yang lebih terpencil di Brasil," katanya.

-
photo/Twitter/CauCiardi

Sementara itu, dari Selasa (20/8) hingga Rabu (21/8) lalu, tagar #prayforamazonia menjadi trending topic di Twitter di tingkat global, merujuk pada kebakaran yang terus meluas di hutan hujan Amazon Brasil.

-
photo/Twitter/raybankai
 
-
photo/Twitter/AndreTheSolo

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X