Pagar DPR Dijebol Aksi Mahasiswa

- Selasa, 24 September 2019 | 01:10 WIB
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Aksi ribuan mahasiswa di depan Gedung DPR RI jalan Gatot Subroto, Jakarta, hingga Selasa dini hari (24/9) masih berlangsung.

Sebelumnya, aksi mahasiswa ini berlangsung ricuh dan berhasil menjebol pagar tembok samping gedung DPR, namun polisi berhasil membendung aksi massa agar tidak merangsek ke dalam gedung DPR-MPR.

-
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Aparat kepolisian tampak sigap memblokade mahasiswa dengan menggunakan tameng, meski sesekali para petugas ini juga terkena lemparan botol air plastik.

Aksi dorong mendorong pun tak terhindari dan sebagian pendemo menggoyang-goyangkan pagar hingga jebol. Massa mahasiswa yang melakukan aksi sejak sore memang berupaya masuk ke dalam gedung DPR-MPR, meskipun perwakilan mereka sudah bertemu dengan anggota parlemen.

-
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/

 

Saat ini situasi sudah mulai mereda, namun beberapa mahasiswa masih terlihat bertahan. Aksi mahasiswa ini untuk menolak sejumlah Rancangan Undang-undang yang difinalisasi DPR dan Pemerintah. Beberapa di antaranya seperti RUU Pertanahan, Revisi UU KPK, RUU Permasyarakatan, dan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Sejumlah pasal di RKUHP mengundang kritik dan protes dari sejumlah kalangan. Pun begitu, Presiden Joko Widodo dan DPR sepakat menunda pengesahan RKUHP yang direncanakan bakal paripurna pada Selasa (24/9).

Beberapa pasal kontroversial dalam RKUHP dimaksud seperti pasal penghinaam presiden dan wakil presiden, pasal perzinahan, pasal aborsi, pasal kohabitasi atau kumpul kebo hingga pasal tentang korupsi.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X