Penyakit Ini yang akan Mengintaimu Jika terlalu Sering Mengetik

- Selasa, 19 November 2019 | 15:57 WIB
Unsplash
Unsplash

Kamu yang bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer pasti pernah mengalami pegal-pegal atau nyeri. Sebagian pekerja yang sering mengetik mungkin juga pernah merasakan tangan kesemutan dan mati rasa.

Ada dua penyakit paling rentan yang terjadi pada seseorang yang terlalu sering mengetik di laptop atau komputer, yaitu Repetitive Strain Injury (RSI) dan Carpal Tunnel Syndrome (CSI).

Mengetik dapat menyebabkan ketegangan pada bagian otot, tendon, saraf di lengan, hingga pergelangan tangan dan juga jari.

CSI sendiri adalah kondisi umum yang bisa menyebabkan rasa sakit, mati rasa, hingga kesemutan di bagian tangan serta lengan. Gejala ini awalnya mungkin bisa dihilangkan dengan menghindari aktivitas-aktivitas tertentu yang bisa menyebabkan rasa sakit semakin parah.

Akan tetapi, tak menutup kemungkinan jika kondisinya semakin buruk jika tekanan pada saraf median (salah satu saraf utama ke tangan) berlanjut.

Sementara itu, kondisi RSI sendiri dikenal sebagai gangguan nyeri tungkai akibat gerakan berulang. Penyakit ini diketahui mempengaruhi bagian-bagian tubuh seperti siku, lengan hingga leher.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X