Erick Thohir Copot Direksi Garuda Andai Benar Selundupkan Harley
Menteri BUMN Erick Thohir bakal mencopot direksi Garuda Indonesia jika terbukti selundupkan Harley (Antara/Galih Pradipta).
News

Erick Thohir Copot Direksi Garuda Andai Benar Selundupkan Harley

Rabu, 04 Desember 2019 14:02 WIB 04 Desember 2019, 14:02 WIB

INDOZONE.ID - Menteri BUMN, Erick Thohir, merespons kasus Garuda Indonesia yang menyelundupkan barang ilegal berupa 18 box onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton, ketika kedatangan pesawat baru Airbus A330-900 Neo dari pabriknya, di Toulouse, Perancis, 17 November 2019.

Erick mengaku belum menerima informasi lanjutan karena pihak Bea Cukai masih menangani kasus itu saat ini. Namun, mantan Ketua Komite Olimpiade Indonesia itu memastikan bakal memberikan sanksi tegas jika direksi Garuda terbukti bersalah.  

"Nah tadi mengenai Garuda, biarlah saja Bea Cukai melihat ada gak kasus-kasus yang benar-benar yang seperti dilaporkan. Kalau benar ya harus dicopot (Direksi yang terlibat). Lebih baik sebelum ketahuan, mengundurkan diri. Itu kita kaya samurai Jepang juga memang itu, tetapi kalau benar," ujar Erick di Jakarta, Rabu (4/12). 

Selagi belum ada keputusan, Erick meminta semua pihak tidak berpolemik dan menyerahkan urusan tersebut kepada Bea Cukai. 

"Ya kita juga mesti ada praduga tak bersalah. Akan tetapi, kalau benar ya kita copot. Tadi kan nòmor satu akhlak," tegas Erick. 

Erick pun mengatakan belum berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait masalah yang dialami Garuda Indonesia. 

"Saya belum ada rencana, tetapi ya kita liat aja proses dari pada yang sekarang ini ya. Kita tunggu saja, saya rasa Ibu Sri Mulyani sudah menginstruksikan kepada Kepala Bea Cukai untuk melihat setransparan mungkin, dan beliau akan turun langsung. Saya kira tinggal menunggu saja," pungkas Erick.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ivanrida
Sigit Nugroho
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU