Menhan Prabowo Apresiasi Kerja Sama Militer Dengan Australia

- Jumat, 6 Desember 2019 | 22:23 WIB
photo/ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
photo/ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengapreasiasi jalinan kerja sama bidang militer antara Indonesia dan Australia, terutama latihan bersama pasukan tentara kedua negara.

Hal itu disampaikan oleh Prabowo usai melakukan pertemuan bilateral "2+2" meeting bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi serta Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds dan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne.

"TNI diundang untuk ikut serta dalam latihan-latihan lebih banyak di Australia. Kemudian saya juga terimakasih ada undangan untuk lebih banyak perwira-perwira kita, bahkan taruna-taruna kita untuk ikut serta dalam pendidikan di akademi militer Australia," ujar Prabowo di Bali, Jumat (06/12).

Dalam kesempatan yang sama, Linda Reynolds menyampaikan bahwa pertemuan empat menteri dari Indonesia dan Australia yang sudah keenam kalinya dilaksanakan itu menguatkan bahwa hubungan pertahanan kedua negara akan terus tumbuh dan semakin kuat.

"TNI dan ADF (Angkatan Bersenjata Australia) melakukan lebih dari 20 kali komunikasi bilateral dan latihan bersama setiap tahunnya. Tahun ini, Australia menerima 150 pelajar Indonesia untuk pendidikan dan pelatihan dengan ADF," kata Reynolds.

Reynolds juga menambahkan bahwa hubungan bilateral dalam bidang pertahanan kedua negara adalah pilar kunci dalam mencapai kemitraan strategis yang komprehensif.

Seperti yang diketahui, 2+2 Meeting merupakan mekanisme dialog rutin yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan dua negara, yakni Indonesia dan Aistralia. 

Keempat pejabat tinggi negara ini bertemu untuk membahas kemajuan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X