Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jokowi: Bismillah
Presiden Jokowi ketika meresmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Indozone/Sigit Nugroho).
News

Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jokowi: Bismillah

Kamis, 12 Desember 2019 14:39 WIB 12 Desember 2019, 14:39 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Japek Elevated) sepanjang 38 km yang melintas dari Cikunir, Bekasi hingga Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12). 

Jokowi mengatakan tol yang dikelola PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) itu sudah lama dinantikan untuk memperlancar arus kendaraan dari dan menuju luar Jakarta. 

"Banyak keluhan yang disampakian ke saya, kalau sudah masuk tol Jakarta-Cikampek macetnya bisa berjam-jam. Dengan selesainya Jakarta-Cikampek II elevated ini macetnya saya harap  selesai," kata Jokowi ketika sambutan peresmian, Kamis (12/12).

Jokowi juga mengapresiasi pihak kontraktor yang membangun Tol Japek II Elevated, yakni PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan ACSET yang telah menyelesaikan pembangunan tol layang terpanjang di Indonesia tersebut. 

"Saya memberikan apresiasi karena prosesnya sangat sulit. Bayangkan ada 200.000 kendaraan yang hilir mudik dan di atasnya ada pembangunan," tutur Jokowi. 

Jokowi optimistis keberadaan tol Japek II Elevated akan mengurangi kemacetan hingga 30 persen di jalan tol Japek eksisting. 

"Kemacetan yang sering dialami masyarakat selama berjam-jam ini akan berkurang 30 persen. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated siang ini," pungkasnya. 

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek berada tepat di sebagian ruas tol Jakarta-Cikampek eksisting. Tol itu membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat.

Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek eksisting. Adapun kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan tol Japek II Elevated. Pengusahaannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), yakni anak usaha dari PT. Jasa Marga.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Alwan
Ivanrida
Sigit Nugroho
Alwan

Alwan

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU