MUI Minta Polisi Usut Penyebar Video Dakwah Ustadz Somad

- Senin, 19 Agustus 2019 | 12:39 WIB
Instagram/@ustadzabdulsomad_official
Instagram/@ustadzabdulsomad_official

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi meminta agar polisi mencari orang yang pertama kali menyebarkan video dakwah ustadz Abdul Somad mengenai Salib dan patung.

MUI menyebutkan bahwa pihaknya ingin mengetahui motif, maksud dan tujuan dari pelaku penyebar video. Zainut juga menyayangkan beredarnya video tersebut. Menurut dia, video tersebut bisa menimbulkan polemik yang bisa mengganggu harmoni kehidupan umat beragama di Indonesia.

MUI pun meminta agar seluruh masyarakat menahan diri agar tidak terpancing dan terprovokasi. "Semua pihak harus bersikap tenang, hati-hati dan dewasa dalam menyikapi masalah tersebut agar tidak menimbulkan kegaduhan dan membuat masalahnya menjadi semakin besar dan melebar kemana-mana," tutur Zainut.

Selain itu, Zainut juga mengimbau agar semua tokoh agama, terkhusus untuk umat Islam untuk bersikap arif dan bijaksana dalam menyampaikan pesan-pesan agama. Umat Islam juga diminta untuk menghindarkan diri dari ucapan yang melecehkan, menghina dan merendahkan simbol-simbol dari agama lain.

Zainut mengatakan bahwa menghina agama lain bisa melukai perasaan hati umat lain dan dalam ajaran hukum dan agama juga tidak dibenarkan. MUI juga benyarankan supaya masalah ini bisa diselesaikan dengan jalur musyawarah.

Namun, jika musyawarah tak bisa dilakukan, maka kasus tersebut harus menempuh jalur hukum. Hal ini menjadi pilihan yang paling terhormat.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X