Ungkap Perjalanan Muhammad Fatah hingga Menjadi Lucinta Luna
Terkuak jenis kelamin Lucinta Luna (INSTAGRAM/@Lucintaluna)
News

Ungkap Perjalanan Muhammad Fatah hingga Menjadi Lucinta Luna

Perjalanan Lucinta Luna hingga terungkap kelamin aslinya

Kamis, 13 Februari 2020 14:53 WIB 13 Februari 2020, 14:53 WIB

INDOZONE.ID - Jenis kelamin Lucinta Luna terbongkar sejak tersandung kasus penyalahgunaan narkotika. Selebriti yang selalu menuai kontroversi itu sejak awal tidak mengakui kalau dirinya seorang transgender. 

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah mengabulkan permohonan ganti kelamin dan nama Lucinta Luna. Saat ini jenis kelamin Lucinta Luna secara hukum sah dari pengadilan dengan nama dari Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri. 

Lucinta Luna
Lucinta Luna saat memberikan keterangan persnya di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020) (Antara/Devi Nindy)

"Ini putusan dari pengadilan dan ini yang kami anggap sah," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polres Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020). 

Melalui surat putusan pengadilan tersebut menjadi dasar bagi polisi untuk menempatkan Lucinta Luna di tahanan wanita. 

Lantas seperti apa perjalanan Lucinta Luna dari sebelumnya laki-laki hingga jadi perempuan? Pihak kepolisian sudah membagikan keterangan pers terkait Lucinta Luna yang merupakan seorang transgender. 

Lucinta Luna
Lucinta Luna (Instagram/@Lucintaluna)

Selebriti dengan nama panggung Lucinta Luna awalnya lahir sebagai anak laki-laki bernama Muhammad Fatah sesuai dengan akta yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan. 

Ia mengakui kalau sejak berusia 5 tahun, Muhammad Fatah sudah berperilaku seperti perempuan hingga dewasa dan merasa nyaman dengan perilaku tersebut. 

Pada 24 April 2016, pria kelahiran tahun 1989 ini memutuskan untuk operasi ganti kelamin menjadi perempuan di Rumah Sakit Rajyindee, Thailand. 

Berdasarkan surat keterangan dokter dari rumah sakit tersebut, Lucinta Luna didiagnosa menderita disforia, yakni gangguan identitas gender di mana seseorang mengalami ketidaknyamanan atau merasa tertekan antara jenis kelamin biologis dan identitas gender.

Pada 22 November 2019, Muhammad Fatah mengajukan permohonan ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan ke PN Jaksel yang terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta pada 26 November 2019 dengan nomor registrasi 1230/Pdt.P/2019/PN.Jkt.Sel. 

Kemudian PN Jaksel mengabulkan permohonan Muhammad Fatah berganti jenis kelamin dan namanya menjadi Ayluna Putri yang kini dikenal sebagai Lucinta Luna. 


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US