Dampak Virus Corona di Indonesia, AS Minta Warganya Pulang Kampung

- Kamis, 26 Maret 2020 | 23:31 WIB
Kedutaan Besar AS (https://id.usembassy.gov)
Kedutaan Besar AS (https://id.usembassy.gov)

Kasus virus corona di Indonesia dianggap mulai mengkhawatirkan. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia mengeluarkan surat peringatan.

Departemen Luar Negeri AS memerintahkan karyawan Kedutaan Besar dan Konsulat Jendral beserta anggota keluarga, khususnya bagi yang di bawah usia 21 tahun.

Keputusan ini dibuat karena pandemi virus corona di Indonesia, kapasitas medis Indonesia, dan ketersediaan penerbangan dari Indonesia. Meski begitu, Kedutaan besar AS Jakarta, Konsulat Jenderal AS Surabaya dan Konsulat Medan tetap terbuka untuk layanan.

-
Ilustrasi virus corona (Unsplash.com)

Warga negara AS yang berada di Indonesia disarankan untuk segera kembali, kecuali jika mereka siap untuk menetap di luar negeri selama jangka waktu tertentu. Warga AS yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia harus membuat pengaturan perjalanan sesegera mungkin, karena penerbangan komersial masih tersedia.

Indozone menghubungi salah satu staff Kedutaan Besar AS di Indonesia mengenai kabar tersebut. Pihaknya membenarkan saran pers tersebut.

"Benar kok. Semuanya seperti yang sudah dijelaskan," sebut Aurelia Agustine, saat dihubungi Indozone, Kamis (26/3/2020).

AS menganjurkan warganya yang akan bepergian ke luar negeri, untuk mendaftarkan rencana perjalanan mereka di www.travel.state.gov menggunakan program pendaftaran wisatawan cerdas (langkah). Hal itu dilakukan agar warga AS bisa mencari informasi dan status negara di situs.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X