Soal Fenomena Rizieq Shihab, JK Singgung Kekosongan Kepemimpinan

- Selasa, 24 November 2020 | 09:32 WIB
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (ANTARA)
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (ANTARA)

Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla atau JK menyinggung mengenai kekosongan kepemimpinan yang menyerap aspirasi rakyat, saat membahas soal fenomena yang timbul setelah Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia.

JK pun menyoroti mengenai pelibatan TNI, Polri yang harus turun tangan dalam menghadapi masalah-masalah tersebut. Ia menyebutkan negara seperti mendapatkan guncangan.

Hal tersebut disampaikannya ketika menjadi salah satu narasumber dalam webinar ‘Partisipasi Masyarakat Sipil Dalam Membangun Demokrasi yang Sehat’ yang digelar oleh PKS beberapa waktu lalu.

“Kenapa masalah Habib Rizieq, begitu hebat permasalahannya sehingga polisi, tentara, turun tangan, sepertinya kita menghadapi sesuatu yang goncangnya yang ada,” ucap JK dalam Youtube PKS Tv yang dikutip Indozone, Selasa (24/11/2020).

“Kenapa itu terjadi, ini menurut saya karena ada kekosongan kepemimpinan yang dapat menyerap aspirasi masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, menurut JK, jikalau terdapt kepemimpinan yang berani, dan dapat menyerap aspirasi masyarakat, maka rakyat tidak akan ragun untuk mendukungnya.

"Adanya kekosongan itu, begitu ada pemimpin yang kharismatik, katakanlah kharismatik, begitu, atau ada yang berani memberikan alternatif maka orang mendukungnya. Ini suatu menjadi, suatu masalah, Habib Rizieq itu adalah sesuatu indikator bahwa ada proses yang perlu diperbaiki dalam sistem demokrasi kita," terang JK.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X