Anies Sebut Jumlah Kendaraan di Jakarta Lebih Banyak dari Warganya

- Rabu, 17 Maret 2021 | 17:32 WIB
Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda yang telah diberikan pembatas jalur permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (24/2/2021).  (photo/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda yang telah diberikan pembatas jalur permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (24/2/2021). (photo/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan jumlah kendaraan bermotor di Ibu Kota baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi melampaui warga di Jakarta.

Jumlah penduduk Jakarta berdasarkan Sensus Penduduk DKI Jakarta tahun 2020 mencapai 10,56 juta jiwa. Hal itu membawa dampak buruk bagi lingkungan karena gas buang yang berimbas pada polusi udara.

"Jumlah kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seringkali lebih banyak dari pada jumlah warga yang berada di kotanya. Sekarang kita menyaksikan lalu lalang kendaraan dari dalam dan luar kota dan di dalam kota Jakarta luar biasa banyaknya. kata Anies Baswedan dalam diskusi virtual bersama wartawan Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/3) dikutip dari ANTARA.

Salah satu implikasinya adalah ada emisi. "Karena emisi itu, muncullah masalah polusi udara," katanya.

Untuk meminimalkan kerusakan lingkungan karena penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai merancang penggunaan kendaraan bebas emisi atau kendaraan listrik.

Baca juga: Unggah Foto Mesra di Ultah Suami, Baju Angela Lee Bikin Netizen Salfok

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI sedang melakukan kampanye penggunaan kendaraan ini salah satunya dengan mengoperasikan sejumlah armada bus listrik di TransJakarta.

"Alhamdulillah, transportasi listrik menjadi salah satu solusi yang layak untuk dibahas, dipertimbangkan, dan kita semua sedang menuju kepada model transportasi bebas emisi, salah satunya berbasis listrik," ujarnya.

P?????ada 2021 ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan untuk mulai mengoperasikan 100 unit bus listrik di TransJakarta. Harapannya, masyarakat bisa beralih ke angkutan ramah lingkungan ini.

"DKI Jakarta,  kita berencana tahun ini mulai dengan 100 unit TransJakarta yang menggunakan tenaga listrik. Harapannya pemerintah mendorong "demand" sehingga lebih banyak lagi yang nantinya akan bisa memproduksi dan masyarakat yang bisa menggunakan kendaraan berbasis listrik."

"Selain insentif-insentif pajak yang diberikan kepada pengguna kendaraan berbasis listrik," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X