Kemenag Dorong Guru Madrasah Perkuat Pendidikan Karakter di Era Teknologi

- Senin, 9 November 2020 | 18:56 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani. (Photo/ANTARA/HO-Kementerian Agama)
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani. (Photo/ANTARA/HO-Kementerian Agama)

Kementerian Agama (Kemenag) mendorong guru madrasah untuk memperkuat pendidikan karakter di era teknologi, terlebih di masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring.

Muhammad Ali Ramdhani selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam mengatakan bahwa hampir semua proses pembelajaran di madrasah saat ini dilakukan secara daring sehingga para guru diminta untuk perlu memperkokoh keahlian di bidang teknologi.

Dhani juga mengatakan bahwa guru saat ini dituntut terus belajar, berinovasi dan meningkatkan kapasitas diri, serta mengingatkan kecakapan dalam teknologi informasi yang jangan sampai mengesampingkan pendidikan atau nilai karakter.

"Berhentinya proses belajar bagi seorang insan terlebih seorang guru adalah kematian eksistensi yang sesungguhnya. Eksistensi belajar adalah eksistensi kehidupan, berhentinya belajar adalah berhentinya kehidupan," jelasnya.

Baca juga: PA 212 Siap Jemput dan Kawal Kepulangan Rizieq Shihab Besok

"Kehadiran teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, jangan sampai menggerus transformasi nilai atau pendidikan karakter di madrasah," tambahnya saat bertemu kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Maluku Utara baru-baru ini.

Menurut Dhani, pendidikan karakter sangat penting dan perlu ditanamkan dalam tingkah laku peserta didik. Transfer ilmu bisa dilakukan dengan bantuan perangkat teknologi tetapi kebutuhan sosial anak didik dalam beraktivitas hidupnya perlu dikawal lewat sentuhan pendidikan karakter.

"Kebutuhan siswa kita dengan kehadiran teknologi menjadi sebuah kebutuhan akan tetapi pendidikan karakter di madrasah adalah sebuah keniscayaan," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X