Yasonna Sebut Pemerintah Akan Fokus Selesaikan Isu Hak Asasi Kelompok Rentan

- Kamis, 10 Desember 2020 | 17:42 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Photo/Dok. Kementerian Hukum dan HAM)
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Photo/Dok. Kementerian Hukum dan HAM)

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan bahwa pemerintah akan fokus menyelesaikan isu hak asasi kelompok rentan yang meliputi perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan masyarakat hukum adat.

Selain itu, Yasonna juga menyebutkan bahwa penyelesaian isu kelompok rentan itu tertuang dalam Rencana Aksi Nasional HAM (RANHAM) periode kelima yang disusun oleh Kemenkumham, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Luar Negeri di dalam Sekretariat Bersama RANHAM.

"Diharapkan pada tahun 2021, kita sudah mulai dengan program RANHAM baru periode ke-5, yang fokus pada penyelesaian isu-isu HAM kelompok rentan meliputi hak-hak perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan masyarakat hukum adat," ujar Yasonna, dilansir dari Antara, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Dinasti Jokowi Berjaya: Bapak, Anak dan Menantu Buat Rekor Sebagai Presiden dan Wali Kota

Dalam acara Hari Hak Asasi Manusia ke-72, Kamis (10/12/2020), Yasonna mengatakan bahwa penyusunan RANHAM periode ke-5 ini merupakan salah satu dari rangkaian upaya Kemenkumham terkait dengan program pemajuan HAM di tingkat pemerintah pusat dan daerah melalui program kabupaten/kota peduli HAM.

Sementara itu, pada 2020, ia menyebutkan ada sebanyak 439 kabupaten/kota di Indonesia secara sukarela mengikuti penilaian oleh Kemenkumham. Setelah melalui verifikasi dan penilaian, terpilih sebanyak 258 kabupaten/kota yang mendapatkan predikat kabupaten/kota peduli HAM.

"Perlu kami sampaikan bahwa program kabupaten/kota peduli HAM ini secara langsung maupun tidak langsung lebih berhasil dalam mengenalkan nilai-nilai dan standar-standar pemenuhan HAM kepada masyarakat dan aparatur pemerintah daerah," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X