The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menegangkan, Pedemo Papua Barat dan LGBT Diserang Brigade Muslim Indonesia di Makassar
Momen kisruh saat unjuk rasa dalam IWD di Makassar. (Twitter)
News

Menegangkan, Pedemo Papua Barat dan LGBT Diserang Brigade Muslim Indonesia di Makassar

Senin, 08 Maret 2021 18:45 WIB 08 Maret 2021, 18:45 WIB

INDOZONE.ID - Aksi unjuk rasa dalam memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day 2021 di Makassar, Sulawesi Selatan berujung ricuh.

Kericuhan bermula ketika sekelompok pria dari Brigade Muslim Indonesia (BMI) mendatangi para pengunjukrasa yang menyampaikan aspirasi mereka terkait masalah di Papua Barat dan isu LGBT di Indonesia.

Video yang merekam momen tersebut dibagikan Veronica Koman di Twitter. 

Dalam video tersebut terlihat, seorang wanita muda memakai kemeja flanel warna merah ditunjuk-tunjuk oleh sejumlah pria.

"Kau Islam gak? hah? Kau Islam gak?" kata seorang pria.

Menurut Vero, saat peristiwa itu berlangsung, polisi hanya menyaksikan.

"Tepat setelah unjuk rasa # IWD2021 selesai, pengunjuk rasa Papua Barat dan LGBT diserang oleh Brigade Muslim Indonesia (BMI) sementara polisi hanya menonton," cuitnya.

Vero juga menyebut bahwa dua orang Indonesia yang mencoba melindungi orang Papua Barat ditangkap oleh polisi.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan peran perempuan menentukan majunya bangsa Indonesia ke depan karena selama ini khususnya di parlemen, para perempuan mampu mengambil peran strategis dalam pengambilan keputusan.

"Pameran foto-foto ini menunjukkan bahwa perempuan-perempuan ini mampu, kita bisa bersama bapak-bapak mengambil keputusan penting di parlemen," kata Puan saat membuka pameran foto dalam rangka Hari Perempuan Internasional di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (8/3/2021) dikutip dari Antara.

Pameran foto itu digelar Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia sejak 8-18 Maret 2021.

Puan mengatakan, dalam pameran foto itu ditampilkan peran dan kinerja perempuan-perempuan anggota MPR, DPR, dan DPD beserta dengan cerita saat foto tersebut diabadikan.

Menurut dia, masing-masing perempuan anggota parlemen memberikan tiga foto untuk dipamerkan dalam acara tersebut.

”Kegiatan ini dilakukan secara gotong royong, selamat Hari Perempuan Internasional. Kita perempuan hebat, perempuan tangguh, yang ikut menentukan majunya bangsa ini ke depan," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa dirinya memberikan tiga foto untuk dipamerkan dan salah satunya adalah foto saat bertemu dan menemani seorang anak memberi makan ikan di halaman Islamic Center, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.

Politisi PDI Perjuangan itu menceritakan foto itu diambil saat dirinya sedang melakukan kunjungan kerja meninjau ke Provinsi Lampung, sekitar sepekan lalu.

Dia menceritakan, seorang anak bernama Hari yang ditemuinya dan diajaknya memberi makan ikan. Anak itu sedang duduk sendiri menunggu temannya untuk shalat Jumat bersama.

"Saat saya mau jalan ke kolam ikan, ada anak kecil duduk sendiri, saya dekati, saya tanya, sambil kasih makan ikan yang banyak banget," katanya.

Saat membuka pameran foto tersebut, Puan didampingi Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar. Selain itu juga dihadiri Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamuddin dan Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Diah Pitaloka.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US