Keren! UI Jadi Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020

- Kamis, 30 Juli 2020 | 16:45 WIB
Universitas Indonesia. (Travelblog)
Universitas Indonesia. (Travelblog)

Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat teratas sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020. Hal ini disampaikan oleh Rektor UI, Prof Ari Kuncoro.

"UI dinilai terbaik dalam membuka akses publikasi ilmiah, sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan internet," kata Prof Ari Kuncoro, Rabu (30/7/2020).

Webometrics juga merilis bahwa UI meraih peringkat ke-9 di Asia Tenggara dan peringkat 693 di dunia. Pemeringkatan ini menilai tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi se-dunia.

Pencapaian peringkat ini didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri atas empat indikator, yaitu Presence (bobot 5 persen) merupakan jumlah halaman website dari domain web utama, termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi.

Kemudian, Visibility (bobot 50 persen) merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google), Transparency/Openness (bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar.

Lalu, Excellence or Scholar (bobot 35 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi dengan sumber dari Scimago.

Selama masa pandemi, UI tidak hanya mengoptimalkan kuliah daring, tapi juga sering berbagi ilmu melalui Webinar. Pencapaian UI pada pemeringkatan Webometrics menjadi penyuntik semangat agar UI semakin terdepan di dalam memanfaatkan information communication technology untuk kemajuan pendidikan dan penelitian bangsa.

Webometrics sendiri merupakan sistem perankingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web bisa dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X