Gubernur DKI Anies Baswedan Tetap Lanjutkan CFD Meski Ada Berbagai Pelanggaran

- Kamis, 2 Juli 2020 | 10:42 WIB
Gubernur Anies Baswedan bersepeda (Instagram/@aniesbaswedan)
Gubernur Anies Baswedan bersepeda (Instagram/@aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap akan melanjutkan car free day (CFD), meskipun sebelumnya ditemukan berbagai pelanggaran protokol kesehatan.

Tercatat di 32 titik CFD sebelumnya terdapat berbagai pelanggaran seperti tidak memakai masker, bahkan ada yang membawa balita.

"Minggu depan akan diteruskan itu," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/7/2020).

CFD tetap dilanjutkan karena Anies ingin mendorong kegiatan bersepeda menjadi kebiasaan warga. Hal ini mengingat 32 lokasi tersebut juga merupakan kawasan khusus sepeda.

32 titik ini menjadi kawasan CFD setelah kegiatan sebelumnya di ruas jalan Sudirman-Thamrin dihentikan akibat adanya kerumunan warga saat berjalan kaki di sana, bahkan cenderung warga saling berdekatan jaraknya satu sama lain.

"Masalah utama CFD begitu banyak orang berkerumun jalan kaki dengan jarak dekat. Maka, kami dorong pakai sepeda karena bersepeda pasti berjarak," tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta mengakui bahwa memang masih ada pelanggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh masyarakat, selama pelaksanaan CFD.

"Masih disayangkan karena masih ditemukan pelanggaran berupa tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak, dan membawa balita," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti , Senin (29/6/2020).

Widyastuti menuturkan sebenarnya Pemprov DKI sudah mengingatkan masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan CFD agar tidak membawa anak-anak dan lansia di atas 60 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X