Tempat Ibadah Dibuka, Anies Baswedan: Jemaah Bawa Perlengkapan Salat Sendiri

- Kamis, 4 Juni 2020 | 14:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan mulai besok akan membuka atau memperbolehkan kembali aktivitas di tempat ibadah di wilayahnya, Jumat (5/6/2020). Karena itu, masyarakat diimbau khusus bagi umat Islam, agar membawa perlengkapan salat sendiri.

"Setiap jamaah harus membawa alat salat sendiri untuk memastikan tidak ada penularan," kata Anies Baswedan dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Anies menyampaikan, meskipun dibuka namun tetap meminta kepada pengelola masjid atau musala untuk tidak menyediakan sajadah ataupun karpet, jemaah hari membawa sendiri. Warga yang hendak beribadah pun diminta untuk menaati protokol kesehatan yang telah diberlakukan selama ini.

-
Seseorang tengah salat di dalam masjid.(freepik)

"Masjid dan musala ada ketentuan tidak menggunakan karpet atau permadani," ujarnya.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta ini juga mengingatkan, bagi umat muslim yang ingin beribadah di masjid atau musala untuk tidak menitipkan sandal atau sepatu di tempat penitipan seperti biasanya sebelum pandemi Covid-19.

Ia menyarankan, sepatu atau sandal setiap jemaah dibungkus dengan kantong plastik dimasukkan ke dalam tas dan kemudian dibawa masuk ke dalam.

"Begitu juga alas kaki harus dibawa sendiri. Ini sama seperti berada di Makkah dan Madinah. Tempat menitipkan sendal dan sepatu potensi kerumunan berdesakan," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X