The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selama Pandemi COVID-19, Kasus Kekerasan Terhadap Wanita Meningkat 75 Persen
Dokter Reisa Broto Asmoro. (Photo/Dok. BNPB)
News

Selama Pandemi COVID-19, Kasus Kekerasan Terhadap Wanita Meningkat 75 Persen

Jumat, 10 Juli 2020 20:36 WIB 10 Juli 2020, 20:36 WIB

INDOZONE.ID - Dokter Reisa Broto Asmoro selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa kasus kekerasan terhadap wanita selama pandemi COVID-19 meningkat hingga 75 persen.

Hal itu disampaikan Reisa langsung dari Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat (10/7/2020).

“Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Komnas Perempuan mencatat peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan sebesar 75% sejak pandemi Covid-19,” katanya.

Secara rinci, ia menjelaskan ada sebanyak 4.719 kasus kekerasan terhadap perempuan. Kasus kekerasan fisik sebanyak 5.548 kasus, kekerasan psikis 2.123 kasus, kekerasan seksual 4.898 kasus, kekerasan akibat ekonomi 1.528 kasus dan kekerasan buruh migran dan trafficking perempuan sebanyak 610 kasus.

Oleh karena itu, Reisa pun mengimbau perempuan yang menjadi korban KDRT atau kekerasan seksual untuk melapor ke pemerintah setempat.

“Di Jakarta misalnya tersedia layanan Call Center untuk melayani pengaduan kekerasan,” jelasnya.

Di situasi seperti ini, ia juga meminta pelayanan tetap dibuka dengan mengutamakan protokol kesehatan.

“Misalnya dengan cara pencatatan semua dokumen dan penanganan korban secara online oleh petugas,” tuturnya.

“Sebisa mungkin keluar dari situasi yang mengundang kekerasan tersebut. Ketiga, bagi kita yang bukan korban, bersuaralah. Pastikan kita bilang tidak kepada kekerasan dalam bentuk apapun. Berikan dukungan kita kepada para korban bergabunglah dengan kelompok-kelompok Anti Kekerasan Berbasis Gender,” tegas Reisa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US