Cerita Sedih Driver Ojol yang Uang Tipnya Ditilep OB, Disisain Hanya Rp10 Ribu

- Kamis, 13 Agustus 2020 | 11:37 WIB
Kiri: Uang tip yang ditilep OB (Facebook/Wilman Jaya Telaumbanua) / Kanan: Ilustrasi ojek online (INDOZONE/Arya Manggala)
Kiri: Uang tip yang ditilep OB (Facebook/Wilman Jaya Telaumbanua) / Kanan: Ilustrasi ojek online (INDOZONE/Arya Manggala)

Memberikan tip kepada driver ojek online adalah sesuatu yang biasa dilakukan saat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Tip ini bisa diberikan secara langsung, atau dititipkan lewat orang lain.

Jika pelanggan memesan makanan dan tidak sempat mengambil pesanan langsung, maka dia akan meminta tolong asisten rumah tangga, satpam, atau office boy (OB) untuk mengambil pesanan itu sekaligus memberikan tip.

Sayangnya, orang yang dititipkan uang itu terkadang tidak amanah dan malah mengambil sebagian tip untuk driver ojol yang berhak. Seperti yang dialami oleh driver ojek online bernama Wilman Jaya Telaumbanua ini.

Dia curhat di akun Facebooknya bahwa uang tip yang seharusnya dia peroleh justru diambil oleh OB.

-
Uang tip driver ojol ditilep OB (Facebook/Wilman Jaya Telaumbanua)

"Kjadian kmaren. Hoooo tipku ditilep OB," kata Wilman di grup Go-Grab Jabodetabek pada Minggu (9/8/2020).

Dalam tangkapan layar percakapan yang dia unggah, Wilman awalnya berterimakasih atas tip sebesar Rp10 ribu yang diterimanya dari customer.

Namun, customer itu kaget kenapa jumlah tip yang diterima hanya Rp10 ribu saja. Sempat kesal kepada OB yang dititipi uang tip, customer ini berjanji akan mengirimkan uang pengganti tip tersebut.

Berdasarkan penjelasan Wilman, dia tidak mengetahui berapa jumlah pasti uang tip yang sebenarnya diberikan oleh customer tersebut. Tapi, saat menerima kiriman tip kemudian, dia mendapatkan Rp50 ribu.

-
Uang tip driver ojol ditilep OB (Facebook/Wilman Jaya Telaumbanua)

Postingan ini pun mendapatkan beragam komentar dari sesama driver ojol yang rata-rata mengaku pernah merasakan hal yang sama.

"Bener begtu ajah bang kalo barang di bawa ob atau security bayar tunai jng lupa foto uangnya biar cs tau" kata Ramli Ahmad

"Kok banyak yang ngk amanah ya. Dari pak satpam,ob,pembongkat. Pernah ngalamin semua," cerita Wong Waras

"Budaya orang Indonesia bang, mulai dari rakyat biasa sampai pejabat doyan nilep. Tpi ane percaya, dri sekian bnyak tukang nilep masih bnyak pula orang jujur." ujar Heru Andrean.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X