Jika Nyalon di Pilpres 2024, Anies Diprediksi Dapat Suara Banyak dari Anak Muda

- Senin, 22 Maret 2021 | 19:17 WIB
Anies Baswedan. (Foto: Indozone)
Anies Baswedan. (Foto: Indozone)

Direktur Political and Public Policy Studies, Jerry Massie memperkirakan kalau suara pemilih dari kalangan anak-anak muda untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2024 akan meningkat.

Pasalnya, dalam hasil survei yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia, Anies telah memperoleh suara cukup tinggi, yakni 15,2 persen dibandingkan dengan nama-nama lainnya seperti Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.

"Iya bisa dia (Anies Baswedan) mendulang dari young voters atau pemilih anak muda," ucap Jerry kepada Indozone, Senin (22/3/2021).

BACA JUGA: Makan Mie Aceh, Anies Ceritakan Tentang Rasa dan Penjual yang Tidurnya Hanya di Warung

Menurut Jerry, pada masa pemilihan presiden, yakni 2024, jumlah pemilih dari kalangan milenial dipastikan akan naik jumlahnya. Ia pun memperkirakan angka pemilihnya akan naik hingga 3-5 persen.

Ia menjelaskan, pemilih dari kalangan anak muda di Indonesia bisa mencapai 80 juta orang, atau setara dengan 40 persen dari total pemilih di Indonesia pada 2019 ada 192 juta pemilih.

"Ini bisa menguntungkan capres yang disukai kelompok ini," terangnya.

"Pemilih anak muda cukup signifikan jadi bagi kontestan harus mencari cara dan trik mengambil hati anak muda," tambah Jerry.

Sekadar diketahui, survei Indikator menggunakan responden anak muda sebanyak 1.200 orang berusia usia 17-21 tahun. Survei tersebut pun memakai metode simple random sampling, dengan margin of error 2,9 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X