The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terungkap! Eks Mensos Pernag Sewa Pesawat Pakai Uang Negara, 'Sekitar 3-4 Kali'
Presiden Joko Widodo dan Juliari P Batubara (Antaranews)
News

Terungkap! Eks Mensos Pernag Sewa Pesawat Pakai Uang Negara, 'Sekitar 3-4 Kali'

Senin, 22 Maret 2021 22:06 WIB 22 Maret 2021, 22:06 WIB

INDOZONE.ID - Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara mengakui pernah beberapa kali menyewa pesawat menggunakan anggaran Kementerian Sosial.

Menurut Juliari, hal itu dilakukannya pada 2020 lalu dalam rangka keperluan dinas luar kota.

Hal itu disampaikan Juliari pada persidangan kasus Bansos di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (22/3/2021).

Pada persidangan ini, Juliari menjadi saksi untuk terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

"Pernah. Sekitar 3-4 kali. Yang saya ingat pernah ke Luwu Utara lihat banjir kalau enggak salah ke Natuna. Kemudian ke Bali pernah sekali," ujar Juliari.

Juliari mengatakan, dana untuk menyewa pesawat tersebut dikoordinasikan melalui sekretaris pribadinya bernama Shelvi dengan bagian eks Kepala Biro Umum Kemensos Adi Wahyono.

"Kalau pesawat sewa itu biasanya carter. Anggaran biasanya yang mengurus keperluan seperti itu di Biro Umum," kata Juliari.

Sebelumnya, Juliari P. Batubara mengaku pernah menerima proposal dari sejumlah perusahaan yang berminat menjadi vendor bantuan sosial (bansos) sembako COVID-19.

Hal itu disampaikan Juliari saat memberi kesaksian melalui video conference untuk dua orang terdakwa bernama Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (22/3/2021).

"Saya punya nomor handphone sejak 1998 dan tidak pernah ganti, jadi ada saja masuk WhatsApp dan biasanya ada juga yang tanya-tanya soal program bansos, saya katakan silakan datang ke Kemensos, dan akan diarahkan ke mana, jadi kalau tertarik penyedia, silakan datang langsung," kata Juliari dilansir dari ANTARA.

Harry Van Sidabukke didakwa menyuap Juliari P. Batubara senilai Rp1,28 miliar. Sedangkan Ardian Iskandar Maddanatja didakwa memberi suap senilai Rp1,95 miliar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda Fahriza Batubara
JOIN US
JOIN US