Waduh! Mabes Polri Sebut Keluarnya Surat Jalan Djoko Tjandra Tanpa Sepengetahuan Pimpinan

- Rabu, 15 Juli 2020 | 15:03 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono (Dok Divisi Humas Mabes Polri)
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono (Dok Divisi Humas Mabes Polri)

Mabes Polri membenarkan adanya surat jalan yang dikeluarkan oleh Bareskrim Polri untuk buronan kelas kakap, Djoko Tjandra. Namun, Mabes Polri menyebut keluarnya surat itu tanpa sepengetahuan Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit.

"Jadi pemberian atau pembuatan surat jalan itu adalah inisiatif sendiri dan tidak izin sama pimpinan," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Dalam hal ini, surat tersebut tidak diketahui pimpinan Polri. Pembuat surat itu sendiri tengah diperiksa oleh Propam Polri.

"Jadi membuat sendiri dan kemudian sekarang dalam proses pemeriksaan Propam," papar Argo.

Seperti diketahui, beredar surat perjalanan  atas nama Djoko Tjandra dari Jakarta menuju Pontianak dan kembali lagi ke Jakarta. Temuan surat jalan itu pertama kali dikemukakan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

MAKI sendiri juga sudah menyerahkan temuan itu ke Ombudsman RI dan DPR RI. MAKI berharap temuan itu dapat dibahas oleh Komisi III DPR RI, Kemenkum HAM, Kejaksaan dan Polri.

MAKI awalnya tidak mengungkap asal usul dari surat tersebut. Namun, Indonesian Police Watch (IPW) menyebut surat itu dikeluarkan oleh Bareskrim Polri.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X