UU IKN Digugat ke MK, Faldo Maldini: Promosi Gratis Ibu Kota Baru

- Kamis, 3 Februari 2022 | 12:20 WIB
Gagasan rencana dan kriteria desain ibu kota negara baru. (Dok. Kementerian PUPR)
Gagasan rencana dan kriteria desain ibu kota negara baru. (Dok. Kementerian PUPR)

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini memberikan komentarnya terkait gugatan sejumlah pihak ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN).

Faldo enggan mempermasalahkan gugatan tersebut, justru dia memandang adanya gugatan kepada UU IKN ini bisa menjadi promosi gratis terhadap Ibu Kota Negara Nusantara.

"Bagus, memang begitu seharusnya. Orang bisa jadi tahu lebih dalam ide IKN ini, active citizen adalah aset negara, bisa promosi gratis," ujar Faldi kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Menurut Faldo adanya gugatan UU IKN ke MK ini adalah sebuah hak dari warga negara yang sebagaimana diatur di dalam konstitusi. Disebutkannya pemerintah memiliki komitmen untuk melindungi setiap hak warga negara.

"Tentunya, kalau ada yang merasa tidak sesuai dengan konstitusi, silakan digugat. Pemerintah berkomitmen akan melindungi hak setiap warga negara," urai Faldo.

Baca juga: Prof Rhenald Ungkap Penipuan Era Digital, Beber Plexing Merketing & Kaya Boong-boongan

Lebih jauh Faldo menyampaikan apabila pemerintah akan menyiapkan jawaban-jawaban yang susbstansif terhadap gugatan UU IKN yang diajukan sejumlah pihak ke MK. 

"Kami pun tentunya akan siapkan jawaban-jawaban substantif," tegas Faldo.

Faldo menyampaikan apabila sekarang pemerintah terus menyiapkan pemindahan ibu kota, termasuk juga aturan turunan dari UU IKN. Apalagi dia berujar ibu kota baru adalah warisan generasi sekarang untuk anak cucu mendatang, sehingga harus dipersiapkan secara maksimal.

"Ibu kota itu buat anak cucu kita, persembahan generasi hari ini untuk mereka yang akan meneruskan ikhtiar kebangsaan kita. Mungkin mayoritas kita yang hidup hari ini bisa jadi tidak merasakannya secara utuh, ini warisan untuk penerus kita," tandas Faldo.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X