Jokowi Ungkap Sering Temui Kelompok Tani, Ada yang Datang ke Jakarta dengan Jalan Kaki

- Kamis, 23 September 2021 | 11:01 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pemerintah berkomitmen penuh untuk menyelesaikan konflik agraria yang masih terjadi di Indonesia. Jokowi juga berkomitmen ingin memberantas mafia-mafia tanah.

"Pemerintah berkomitmen penuh untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Tanah Air, demi mewujudkan reformasi agraria dan kepastian terhadap ketersediaan ruang hidup yang adil bagi masyarakat. Termasuk, komitmen penuh dalam memberantas mafia-mafia tanah," kata Jokowi melalui Instagram-nya, Rabu (22/9/2021).

Jokowi kemudian menceritakan bahwa setiap tahun ia sering menerima kelompok-kelompok tani yang rela jauh-jauh datang ke Jakarta. Bahkan, sampai ada yang berjalan kaki ke Jakarta demi memperjuangkan lahan mereka yang terdampak konflik agraria.

Untuk memperjuangkan hak masyarakat dan menegakkan hukum secara tegas dalam menyelesaikan konflik agraria di Indonesia, Presiden Jokowi telah memberi intruksi kepada jajaran Polri.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Baca juga: Usai Ambil Alih Demokrat, Moeldoko Torehkan Prestasi Atasi Konflik Agraria Atas Nama KSP

Polri diminta untuk tak ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada dan jangan sampai juga ada penegak hukum yang menjadi beking mafia tanah tersebut. Kepastian hukum atas tanah perlu untuk memberikan keadilan kepada seluruh pihak, kata Jokowi.

"Kita tidak ingin rakyat kecil tidak mempunyai kepastian hukum terhadap lahan yang menjadi sandaran hidup mereka. Kita juga tidak ingin para pengusaha tidak mempunyai kepastian hukum atas lahan usahanya," ungkap Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X