Sepak Terjang Bonaran Situmeang Meninggal Saat Dibui, Pernah Suap Ketua MK Akil Mochtar

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:45 WIB
Raja Bonaran Situmeang eks Bupati Tapanuli Tengah. (Foto/Antara)
Raja Bonaran Situmeang eks Bupati Tapanuli Tengah. (Foto/Antara)

Profil Raja Bonaran Situmeang eks Bupati Tapanuli Tengah, Sumatera Utara merupakan pengacara top tanah air.

Kini dia dinyatakan meninggal dunia usai terserang stroke saat menjalani statusnya sebagai narapidana di Lapas Klas IIA Sibolga.

Bonaran Situmeang menjalani masa tahanannya usai divonis 5 tahun penjara dalam kasus penipuan seleksi CPNS pada 2019. Sebelumnya, ia dihukum 4 tahun penjara karena menyuap Ketua MK Akil Mochtar.

Siapa sebenaranya Raja Bonaran Situmeang?

Sepak terjang Bonaran Situmeang pernah malang melintang di ibu kota. Bukan sebagai politikus, dia lebih banyak beraktivitas sebagai pengacara.

-
Bonaran Situmeang eks Bupati Tapanuli Tengah saat digelandang ke mobil tahanan. (Istimewa)

 

Bonaran pernah menjadi pengacara sejumlah klien, salah satu yang paling terkenal dan menyita perhatian publik adalah Anggodo Widjojo, tersangka kasus suap Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) yang disidik KPK.

Kasus ini adalah salah satu kasus besar yang ditangani KPK kala itu di tahun 2009.

Bonaran adalah penyandang gelar Sarjana Hukum dari Universitas Sumatera Utara dan Magister Hukum dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Menariknya sebelum menjajal peruntungan di Ibukota, Bonaran pernah bekerja sebagai loper koran karena ekonomi keluarganya tengah terpuruk. Hal itu dilakukannya setelah lulus dari SMP Fatima dan SMA Katolik di Sibolga.

Pria kelahiran 7 Desember 1962 ini pertama kali terjun di dunia politik setelah pada tahun 2011 ikut dalam pilkada Tapanuli Tengah.

Bonaran saat itu berpasangan dengan H. Syukron Jamilan Tanjung. Keduanya diusung partai Partai Golkar, PDIP, dan Hanura.

Pasangan Bonaran dan H. Syukron menang hingga 62 persen suara. Pasangan itu dilantik sebagai Bupati/Wakil Bupati Tapanuli Tengah periode 2011-2016.

Siapa yang mengira Bonaran terlibat kasus pemberian suap kepada eks hakim MK Akil Mochtar saat diciduk KPK. Namun bukan kali ini saja Bonaran berhadapan dengan KPK.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X