Cara ini Mampu Hindari Penularan Hepatitis Misterius, Dinkes DKI: Minta Warga Waspada

- Kamis, 5 Mei 2022 | 14:27 WIB
Ilustrasi anak sakit. (Freepik)
Ilustrasi anak sakit. (Freepik)

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebutkan pemeriksaan untuk mendalami kasus hepatitis akut secara misterius yang merenggut nyawa 3 orang anak masih terus berproses.

Oleh karenanya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyebutkan pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih rinci. Namun, ia meminta warga tetap waspada.

Kewaspadaan yang dimaksud Dwi tersebut adalah agar masyarakat bisa memilih makanan bersih. Hal tersebut guna mencegah penularan bakteri dari makanan yang dikonsumsi.

"Kalau makan atau jajan tentu pilih makanan yang ditutup, tertutup dimasak sempurna, terus cuci tangan sebelum makan," ucap Dwi saat dihubungi, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Daftar Lengkap Pendanaan IKN: Dari Sarang Burung Walet, Rokok hingga Parkir

Selain bersih, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun meminta warga untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat, dan tidak menggunakan alat makan yang dipakai bersama orang lain.

"Tidak menggunakan alat makan bersama. Kan ini hepatitisnya masih kemungkinan diduga, penularan jalurnya oral berarti dari jalur rute saluran cerna seperti pola penularannya kayak diare, tipes," terangnya.

"Jadi tentu mencegah penularan dengan memilih makanan yang sehat, yang aman, yang kemudian tidak tercemar bakteri gara-gara misalnya sudah dihinggapi lalat kayak gitu-gitu tuh menjadi penting," tandas Dwi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X