The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

DPR RI Soal Biaya Karantina Rp19 Juta di Hotel: Kasihan  Rakyat
Kiri: Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (Instagram/sufmi_dasco) / Kanan: Ilustrasi karantina di hotel. (ANTARA/Asprilla Dwi Adha)
News

DPR RI Soal Biaya Karantina Rp19 Juta di Hotel: Kasihan Rakyat

Rabu, 22 Desember 2021 09:20 WIB 22 Desember 2021, 09:20 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, beredar video yang memperlihatkan rombongan warga negara Indonesia (WNI) terlantar di dalam Bandara Soekarno Hatta usai melakukan perjalanan dari luar negeri.

Keterlantaran mereka bukan tanpa sebab, melainkan menunggu agar bisa melakukan karantina secara gratis di Wisma Atlet dan menghindari karantina mandiri di hotel dengan biaya yang cukup menguras kantong.

Kejadian tersebut pun turut menimbulkan pro dan kontra. Salah satu yang turut memberikan komentar adalah Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Dasco menyebut, beban biaya yang mencapai Rp19 juta untuk karantina dinilai memberatkan ekonomi rakyat yang terhimpit selama pandemi.

"Ekonomi nasional ini kita belum pulih, kasihan rakyat kalau dibebankan biaya yang terlalu banyak," kata Dasco, Selasa (21/12/2021).

"Memang kalau menurut Satgas COVID-19, BNPB, soal karantina itu ada biaya akomodasi, PCR, transportasi. Tapi saya imbau supaya komponen-komponen biaya itu bisa dibuat agar tidak memberatkan masyarakat," sambungnya.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan bahwa WNI yang baru saja datang dari luar negeri sebagiannya adalah para TKI. Oleh karenanya, ia ingin pemerintah bisa meringankan beban mereka.

"Makanya pemerintah harus membuat kajian yang mendalam, dihitung juga dengan benar agar tidak memberatkan rakyat. Kita ekonomi belum pulih. Kan tadi saya bilang kebanyakan yang pulang dari luar negeri itu adalah yang kerja, bukan yang jalan-jalan," katanya.

Sementara untuk pelaku perjalanan luar negeri yang tujuannya untuk berlibur, Dasco mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan tarif yang lebih tinggi agar bisa diterapkan subsidi silang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US