Isu Penundaan Pemilu, Sekjen PDIP: Orang di Sekitar Tak Paham Kehendak Presiden Jokowi

- Kamis, 3 Maret 2022 | 17:58 WIB
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengharapkan semua pihak dapat menyudahi polemik wacana penundaan Pemilu 2024. Apalagi berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan Lembaga Survei Indonesia (LSI) mayoritas responden menolak usulan tersebut.

"Sebaik-baiknya dan itulah yang seharusnya dari survei ini menjadikan polemik ini tidak perlu diperpanjang lagi," kata Hasto dalam rilis survei LSI, Kamis (3/3/2022).

Hasto Kristiyanto pun memandang ada orang-orang di sekitar Presiden Jokowi yang tidak memahami kehendak Kepala Negara. Padahal sudah jelas Presiden Jokowi menolak ide jabatan Presiden tiga periode.

Hanya saja dia tak memaparkan lebih jauh mengenai siapa sosok di sekitar Jokowi yang dimaksud. Dilanjutkan Hasto sikap PDIP yang menolak penundaan Pemilu 2024 senapas dengan sikap Presiden Jokowi yang menolak usulan tiga periode.

"Apa yang disampaikan PDIP ini senafas dengan presiden karena presiden pernah menyatakan sebagai pemimpin negara kalau ada yang mengusulkan perpanjangan yang mengusulkan jabatan 3 periode, itu menampar muka saya,  ingin cari muka saya, itu justru menjerumuskan saya, itu kan kata presiden," tegas Hasto.

"Dan maka sejak awal ketika kami menyampaikan sikap kami tegaskan bahwa sikap PDIP ini senafas dengan sikap Presiden Jokowi karena di dalam kultur kepemimpinan kita seorang pemimpin itu kan diukur dari konsistensi dalam sikapnya sehingga sejak awal ini kosnsitensi dari PDI Perjuangan," tambahnya.

Selain itu Hasto menyatakan pihaknya dalam menjalankan perintah tetap patuh pada konstitusi tetap kokoh dan tidak dipengaruhi dalam hasil survei. Di mana sangat menghormati kultur demokrasi yakni Pemilu diselenggarakan lima tahun sekali.

"Ada atau tidak survei sikap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan PDI Perjuangan tetap sama berkaitan dengan penyelenggaraan negara. PDI Perjuangan kokoh dalam jalan konstitusi karena ketaatan pada konstitusi sangat penting," tukas Hasto.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X